Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Imbau Suriah Hentikan Kekerasan Selama Ramadan


Sekjen PBB Ban Ki-moon (Foto:dok).

Sekjen PBB Ban Ki-moon (Foto:dok).

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengimbau baik kepada pasukan Suriah maupun pemberontak, agar menghentikan pertempuran selama bulan suci Ramadan.

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan ia tidak mengupayakan gencatan senjata melalui perundingan, tetapi janji dari setiap orang yang memegang senjata di Suriah agar menghentikan kekerasan sebagai pemberian bagi rakyat Suriah, memasuki Ramadan yang dimulai hari Selasa (9/7).

Ia mengatakan tindakan demikian dapat mendatangkan harapan dan momentum menuju perdamaian, dan menyatakan lagi bahwa solusi politik yang dipimpin Suriah adalah satu-satunya jalan untuk mengakhiri perang saudara yang semakin memburuk.

Lebih dari tiga tahun pertempuran telah menewaskan hampir 100 ribu orang dan sekitar enam juta lainnya mengungsi di dalam Suriah atau mencari perlindungan di negara-negara tetangga.

Ban mendesak masyarakat internasional agar menyatakan dukungan mereka bagi rakyat Suriah, dengan pesan bahwa kekerasan bukanlah solusi.

Ia juga meminta kedua belah pihak dalam sengketa itu agar segera membebaskan para tahanan.

Sementara itu, Suriah mengatakan pihaknya telah mengundang para pejabat PBB ke Damaskus untuk membicarakan tuduhan penggunaan senjata kimia di negara itu. Namun, dutabesar Suriah untuk PBB, Bashar Jaafari, menegaskan hari Senin bahwa pembicaraan akan dibatasi hanya mengenai contoh tertentu dimana pemerintah mengatakan pemberontak menggunakan senjata kimia, dan bukan penyelidikan luas yang hendak dilakukan oleh PBB.
XS
SM
MD
LG