Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB di Timur Tengah Sampaikan Solidaritas kepada Israel dan Palestina


Ban Ki-moon

Ban Ki-moon

Sekretaris-Jenderal PBB Ban Ki-moon diperkirakan berada di Timur Tengah hari Minggu (20/7) untuk menyampaikan solidaritas kepada Israel dan Palestina dan mencari cara guna mengakhiri kekerasan di antara mereka.

PBB mengatakan Ban pertama akan berhenti di Doha dan dari sana mengunjungi Kuwait City, Kairo, Yerusalem, Ramallah, dan Amman. Pejabat-pejabat mengatakan perjalanan Ban adalah bagian dari upaya mendorong gencatan senjata yang bisa bertahan lama antara Israel dan militan Hamas.

Israel melancarkan serangan darat ke Jalur Gaza yang dikuasai Hamas hari Kamis (17/7) setelah peringatan berulangkali dan serangan udara gagal meyakinkan Hamas untuk menghentikan serangan roket ke kota-kota Israel.

Militer Israel mengatakan telah menghantam sekitar 200 target teroris sejak serangan darat dimulai. Target-target itu mencakup lebih dari 20 terowongan yang digunakan militan untuk menyelundupkan senjata dan bahan peledak.

Setidaknya sudah 342 warga Palestina tewas, termasuk banyak warga sipil, sejak Israel meningkatkan serangan udara terhadap Hamas pada 8 Juli. Dua warga sipil Israel dan tiga tentara tewas.

Sistem pertahanan rudal Israel, Iron Dome, mencegah hampir semua roket Palestina menghantam target-target mereka. Israel mengatakan serangan darat dan udaranya akan terus berlanjut selama serangan roket Hamas berlanjut. Palestina menuntut Israel mencabut blokade yang sudah lama diberlakukan terhadap Gaza dan membebaskan sejumlah tahanan Palestina.

XS
SM
MD
LG