Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Beri Penghormatan untuk Korban Gempa di Jepang


Sekjen PBB, Ban Ki Moon (Foto: dok).

Sekjen PBB, Ban Ki Moon (Foto: dok).

PBB tetap berkomitmen untuk membantu pemulihan Jepang dan akan terus mengupayakan kemajuan keamanan dunia terhadap bahaya nuklir.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon hari Senin memuji keuletan dan ketabahan orang-orang yang selamat dari gempa bumi dan tsunami di Jepang, hanya beberapa hari sebelum genap satu tahun sejak terjadinya bencana itu.

Ban mengatakan demikian dalam sebuah konser peringatan di Majelis Umum PBB, dimana para musisi dan penari tradisionil dan kontemporer Jepang tampil dalam acara yang diberi-nama “Mengatasi Bencana: Rasa Terima Kasih dari Jepang kepada Dunia.”

Ban mengatakan dunia harus menggunakan bencana tersebut untuk menjadi lebih kuat dan lebih ulet. Dia mengatakan PBB tetap berkomitmen untuk membantu Jepang pulih kembali, dan akan terus mengupayakan kemajuan sedunia mengenai keamanan nuklir.

Gempa bumi berkekuatan 9,0 dan tsunami yang terjadi sesudahnya yang menghantam bagian timur laut Jepang tanggal 11 Maret, 2011 menewaskan lebih 15.000 orang. Setahun kemudian, lebih 3.000 orang masih hilang.

XS
SM
MD
LG