Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB akan Hadiri Olimpiade Sochi


Para petugas keamanan berpatroli di sekitar Taman Olimpiade Musim Dingin 2014, Sochi, Rusia (3/2).

Para petugas keamanan berpatroli di sekitar Taman Olimpiade Musim Dingin 2014, Sochi, Rusia (3/2).

Sekretaris-Jendral PBB Ban Ki-moon akan hadir dalam pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Sochi, Rusia, hari Jumat (7/2).

Sekretaris-Jendral PBB Ban Ki-moon akan berpidato di hadapan majelis umum Komite Olimpiade Internasional (IOC), pidato yang menurut para pejabat baru pertama kalinya disampaikan oleh seorang sekjen PBB dalam pembukaan Olimpiade.

Kunjungan Ban ke Sochi diumumkan setelah beberapa pemimpin dunia memutuskan tidak akan hadir, termasuk Presiden Amerika Barack Obama, Presiden Jerman Joachim Gauck dan Presiden Perancis Francois Hollande. Rusia mendapat banyak kecaman terkait isu HAM dan UU antipropaganda homoseksual.

Presiden IOC Thomas Bach mengatakan Ban akan menyampaikan pidato utama di hadapan rapat dewan IOC, yang berlangsung Rabu hingga Jumat.

Juru bicara PBB Martin Nesirky mengatakan satu alasan Sekjen Ban ingin menghadiri Olimpiade Sochi dan berbicara dihadapan komite IOC adalah “menguatnya hubungan antara IOC dan PBB,” yang ingin terus dibangun oleh Ban.

Nesirky juga mengatakan Ban akan memberikan ceramah publik dan mengadakan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin dunia yang hadir dalam Olimpiade tersebut.
XS
SM
MD
LG