Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Rundingkan Krisis Politik Birma dengan 15 Negara


Ban Ki-moon akan mengadakan pertemuan untuk wakil-wakil dari 15 pemerintah guna membahas pemilihan yang akan diselenggarakan di Birma.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon akan mengadakan pertemuan hari Kamis untuk wakil-wakil dari 15 pemerintah guna membahas pemilihan yang akan diselenggarakan di Birma.

Secara khusus, kelompok yang disebut Friends of Myanmar akan berbicara mengenai undang-undang pemilu baru Birma yang kontroversial yang melarang siapapun yang sedang menjalani hukuman penjara menjadi anggota sebuah partai politik resmi. Tindakan itu dengan berhasil melarang pemimpin demokrasi yang ditahan, Aung San Suu Kyi, dan tahanan politik lainnya mengambil bagian dalam pemilihan itu.

Hari Rabu, Dewan Keamanan PBB mengadakan konsultasi untuk mempertimbangkan cara menanggapi undang-undang tersebut. Duta Besar Tiongkok Li Baodong mengatakan pemilihan yang akan diadakan di Birma merupakan hal domestik dan menghimbau para anggota Dewan Keamanan agar mendukung proses pemilihan itu.

Tetapi Duta Besar Inggris Mark Lyall Grant menjawab, dengan mengatakan banyak anggota Dewan Keamanan telah menyatakan keprihatinan mereka. Dia mengatakan undang-undang itu tampaknya dirancang untuk ditujukan pada Aung San Suu Kyi dan partai oposisinya, yang menyulitkan mereka mendaftar untuk pemilihan itu.*****


XS
SM
MD
LG