Tautan-tautan Akses

Sekjen NATO Undang Presiden Pakistan ke Chicago


Sekjen NATO Fogh Rasmussen (Foto: dok).

Sekjen NATO Fogh Rasmussen (Foto: dok).

Presiden Pakistan Asif Ali Zardari dijadwalkan menghadiri KTT NATO di Chicago atas undangan Sekjen NATO Anders Fogh Rasmussen.

Sekjen NATO Anders Fogh Rasmussen mengatakan Pakistan memainkan peran penting dalam rencana penyelesaiakn konflik di Afghanistan dan mengundang Presiden Pakistann Asif Ali Zardari ke KTT NATO. Pakistan pekan lalu sepakat untuk membuka kembali rute suplai NATO yang melalui wilayahnya ke Afghanistan.

Islamabad menutup rute itu enam bulan lalu ketika serangan udara pimpinan Amerika menewaskan 24 tentara Pakistan di perbatasan dengan Afghanistan.

Juru bicara kepresidenan Pakistan, Farhatullah Baber, mengatakan kepada VOA bahwa Zardari akan memberitahu NATO bahwa perang melawan teror tidak dapat dilakukan hanya dengan pedang, senjata api atau peluru. Baber mengatakan pembangunan ekonomi di wilayah kesukuan dan perbatasan adalah paling penting karena pengangguran dan kemiskinan membawa orang ke terorisme.

KTT itu berfokus pada rencana NATO untuk secara bertahap menyerahkan kendali keamanan kepada pasukan Afghanistan, sehingga melapangkan jalan bagi penarikan sekitar 130.000 pasukan tempur asing pada akhir 2014.

Juru bicara kepresidenan Pakistan, Aimal Faizi, mengatakan kepada VOA bahwa Pakistan memiliki peran dalam proses perdamaian yang kompleks, karena tempat-tempat perlindungan oposisi Afghanistan tetap berada di Pakistan. Faizi mengatakan Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan Presiden Pakistan Zadari akan bertemu di Chicago.

Para pejabat dari lebih 50 negara bertemu di Chicago untuk KTT dua hari NATO untuk membahas beberapa masalah yang mempengaruhi masa depan aliansi itu. Presiden Obama akan menjadi tuan rumah dalam pertemuan yang diperkirakan akan didominasi oleh masalah terkait Afghanistan tersebut.

Aliansi itu berencana secara bertahap mengalihkan tanggungjawab keamanan ke pasukan Afghanistan dan melapangkan jalan bagi penarikan sekitar 130.000 tentara tempur asing pada akhir 2014.

Keamanan di Chicago berlangsung ketat mengantisipasi munculnya ribuan demonstran yang akan menggelar protes di jalanan hari Minggu.

Tiga demonstran ditangkap menjelang KTT NATO dan dikenai tuduhan terorisme karena memiliki alat peledak.
XS
SM
MD
LG