Tautan-tautan Akses

Sekjen ASEAN Prihatin Rencana Beijing Geledah Kapal di Perairan Sengketa


Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan mengungkapkan keprihatinannya terkait meningkatnya ketegangan dalam pertikaian wilayah di Laut China Selatan (Foto: dok).

Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan mengungkapkan keprihatinannya terkait meningkatnya ketegangan dalam pertikaian wilayah di Laut China Selatan (Foto: dok).

Sekjen Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, ASEAN, Surin Pitsuwan mengungkapkan kerisauannya terkait rencana Beijing untuk menggeledah kapal-kapal yang lewat di perairan sengketa.

Sekjen Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, ASEAN, Surin Pitsuwan ikut menyatakan keprihatinan mengenai meningkatnya ketegangan dalam pertikaian wilayah di Laut China Selatan.

Pitsuwan mengatakan, rencana Beijing untuk mungkin menggeledah kapal-kapal yang lewat di perairan itu sangat merisaukan. Sekjen ASEAN itu mendesak agar semua pihak menyepakati kode perilaku di kawasan, yang oleh banyak kalangan dianggap berpotensi menjadi ajang konflik militer itu.

Media Tiongkok hari Kamis melaporkan bahwa mulai 1 Januari, polisi Pulau Hainan akan diberi wewenang untuk naik, memeriksa, menyita, dan mengusir kapal-kapal asing yang masuk ke perairan itu secara ilegal.

Harian resmi Tiongkok mengatakan, yang disebut kegiatan ilegal mencakup masuk perairan provinsi itu tanpa izin, dan melakukan publisitas yang membahayakan keamanan nasional Tiongkok.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hong Lei semula membela hak Tiongkok memberlakukan peraturan baru itu tetapi kemudian mengemukakan fokus pada kerja sama.
XS
SM
MD
LG