Tautan-tautan Akses

Sejuta Lebih Pengungsi Afghanistan Pulang Sukarela


Pengungsi Afghanistan tampak antri di pintu perbatasan Chaman, Pakistan untuk kembali ke negaranya bulan September lalu (foto: dok).

Pengungsi Afghanistan tampak antri di pintu perbatasan Chaman, Pakistan untuk kembali ke negaranya bulan September lalu (foto: dok).

Lebih dari satu juta orang pengungsi Afghanistan telah pulang secara sukarela dari Pakistan dan Iran selama tahun 2016.

Pemerintah Afghanistan mengungkapkan hari Senin (19/12) bahwa lebih dari satu juta orang pengungsi telah pulang dengan sukarela dari Pakistan dan Iran tahun 2016, yang merupakan jumlah tertinggi pengungsi yang pulang dalam 14 tahun.

Menteri Pemulangan Pengungsi Afghanistan Sayed Hussain Alimi Balkhi mengatakan di parlemen nasional pengungsi yang pulang dari negara-negara tetangga termasuk keluarga-keluarga yang terdaftar dan tidak terdaftar.

Di samping itu, katanya, jumlah rekor 551 ribu orang warga Afghanistan telah mengungsi dari rumah mereka tahun ini karena pertempuran dan ketidak-amanan, yang meningkatkan jumlah warga Afghanistan yang mengungsi di dalam negeri atau IDP di Afghanistan menjadi 1,3 juta orang.

PBB memperingatkan keadaan kemanusiaan telah menjadi semakin rapuh setelah peningkatan dengan cepat jumlah pengungsi dalam negeri, yang diperuncing dengan pulangnya 600 ribu pengungsi warga Afghanistan yang pulang dan pengungsi Afghanistan yang illegal dari Pakistan.

“Pengungsi yang pulang dari Pakistan banyak yang memberi alasan peningkatan kegiatan polisi terhadap mereka dan ketidak-pastian mengenai status mereka di Pakistan, termasuk rasa takut akan digusur, yang mendorong mereka pulang,” demikian menurut laporan terbaru Misi Bantuan PBB di Afghanistan atau UNAMA. [gp]

XS
SM
MD
LG