Tautan-tautan Akses

Sedikitnya 75 Tewas dalam Pemboman di Baghdad


Warga membantu petugas membersihkan puing-puing bekas serangan bom dengan bulldozer di Sadr City, Irak (11/5). (AP/Khalid Mohammed)

Warga membantu petugas membersihkan puing-puing bekas serangan bom dengan bulldozer di Sadr City, Irak (11/5). (AP/Khalid Mohammed)

ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan ini. Kelompok Sunni sering melakukan serangan yang mirip di Baghdad, khususnya di daerah yang mayoritas penduduknya Syiah.

Serangkaian pemboman di ibukota Irak telah menewaskan paling sedikit 75 orang Rabu (11/5), menurut polisi dan pejabat rumah sakit.

Serangan paling mematikan terjadi selama jam ramai pagi hari ketika sebuah bom mobil meledak di pasar di Sadr City dan menewaskan 64 orang serta melukai 40 lainnya.

Kelompok Negara Islam (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas serangan ini. Kelompok Sunni sering melakukan serangan yang mirip di Baghdad, khususnya di daerah yang mayoritas penduduknya Syiah.

Kemudian sebuah bom menyasar sebuah stasiun polisi di distrik Syiah, Kadhimiya, arah barat laut dari ibukota Irak itu. Paling sedikit 15 orang tewas dan 33 terluka.

Di Baghdad utara, sebuah bom mobil bunuh diri di Jamiya, sebuah distrik Sunni, menewaskan tujuh orang dan melukai paling sedikit 20 orang.

Di Washington, Rabu, Departemen Luar Negeri Amerika secara keras mengecam pemboman di Baghdad ini, dan mendesak pemimpin-pemimpin Irak untuk bekerja sama guna mencegah krisis politik menghambat upaya memerangi kelompok teroris. [jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG