Tautan-tautan Akses

Sedikitnya 200 Tewas akibat Badai dan Tornado di Wilayah Selatan AS


Carla Arendal menengok tempat tinggalnya yang hancur akibat tornado di Vilonia, negara bagian Arkansas.

Carla Arendal menengok tempat tinggalnya yang hancur akibat tornado di Vilonia, negara bagian Arkansas.

Presiden Obama telah menyatakan keadaan darurat untuk Alabama dan memberi izin diberikannya bantuan federal bagi ke-67 county di negara bagian tersebut.

Pejabat Amerika mengatakan sedikitnya 200 orang tewas dalam badai dan tornado hebat yang menyapu wilayah selatan Amerika dalam beberapa hari ini.

Gubernur Alabama Robert Bentley Kamis ini mengatakan cuaca buruk itu telah menewaskan sedikitnya 131 orang di negara bagian Alabama, dan Bentley memperkirakan jumlah korban tewas masih akan bertambah.

Katanya, beberapa kabupaten di Alabama mengalami kerusakan properti yang parah, dan sampai satu juta orang mungkin tanpa listrik.

Menurut gubernur itu, Kamis ini pejabat Alabama akan meminta Presiden Barack Obama agar mempercepat bantuan bencana besar yang telah diajukan. Hari Rabu malam, Obama mendeklarasikan keadaan darurat federal di negara bagian Alabama, mengotorisasi bantuan untuk 67 kabupaten di sana.

Pejabat darurat Alabama mengatakan sekitar 2.000 tentara National Guard sedang membantu operasi penyelamatan di negara bagian itu.

Pada hari Rabu, tornado menghancurkan kota Tuscaloosa, Alabama, dimana University of Alabama berada. Bangunan diseluruh kota itu rata dan banyak operasi kota tidak berfungsi.

Selain di Alabama, pejabat mengatakan badai telah menewaskan 32 orang di Mississippi. Korban jiwa juga dilaporkan di Georgia, Tennessee, Virginia dan Arkansas.

XS
SM
MD
LG