Tautan-tautan Akses

Sedikitnya 59 Tewas dalam Kekerasan Terbaru Nigeria


Warga Muslim Nigeria berjalan melewati sebuah masjid di Maiduguri, Nigeria, pada hari raya Idul Fitri.

Warga Muslim Nigeria berjalan melewati sebuah masjid di Maiduguri, Nigeria, pada hari raya Idul Fitri.

Pria-pria berseragam militer memasuki desa Konduga dan menembaki orang yang sedang sholat di sebuah masjid.

Pihak berwenang di negara bagian Borno, Nigeria, mengatakan orang-orang bersenjata menewaskan sedikitnya 59 orang dalam serangan terhadap dua kota kecil dekat ibukota negara bagian, Maiduguri.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab namun para pejabat menduga kelompok Islam Boko Haram berada di balik serangan itu.

Dalam serangan terbesar, orang-orang bersenjata yang mengenakan seragam militer memasuki desa Konduga Minggu (11/8) dan menembak mati sedikitnya 44 orang yang sedang sholat di sebuah masjid. Seorang penjaga di Maiduguri Teaching Hospital mengatakan kepada VOA bahwa 26 lainnya yang luka-luka dalam serangan itu dibawa masuk untuk diobati.

Dalam serangan terpisah, sejumlah pria bersenjata memasuki desa Ngom pada Sabtu dan menewaskan 12 orang.

Boko Haram telah mengaku bertanggung jawab atas banyak serangan sebelumnya di timur laut Nigeria, termasuk beberapa masjid yang ulamanya mengecam ekstrimisme agama.

Pada Senin muncul sebuah video baru oleh Abubakar Shekau, orang yang menyatakan dirinya pemimpin Boko Haram. Di dalam video itu, ia menyatakan bertanggung jawab atas beberapa serangan baru-baru ini, termasuk di kota Bama, Malam Fatori dan Gamboru.
XS
SM
MD
LG