Tautan-tautan Akses

AS

Sedikitnya 350 Bahasa Digunakan Warga Amerika


Kawasan Times Square di Manhattan, New York (foto: dok). Warga di kawasan metro New York diketahui berbicara dalam sedikitnya 192 bahasa, yang terbesar di antara 15 kawasan lain.

Kawasan Times Square di Manhattan, New York (foto: dok). Warga di kawasan metro New York diketahui berbicara dalam sedikitnya 192 bahasa, yang terbesar di antara 15 kawasan lain.

Biro Sensus Amerika melaporkan sedikitnya 350 bahasa digunakan di rumah-rumah warga Amerika.

Biro Sensus Amerika melaporkan sedikitnya 350 bahasa digunakan di rumah-rumah warga Amerika, naik 39 bahasa dibanding data sebelumnya.

Data sensus yang dirilis pekan ini mendapati bahwa meskipun sebagian besar warga Amerika hanya berbicara dalam Bahasa Inggris atau bahasa-bahasa lain seperti Spanyol, Cina, Perancis dan Vietnam, ternyata banyak bahasa lain digunakan di Amerika.

Bahasa-bahasa yang kurang digunakan secara luas itu mencakup Bahasa Belanda-Pennsylvania, Ukraina, Turki, Rumania dan Amharic. Ada juga 250 bahasa warga asli Amerika, yang digunakan secara kolektif oleh lebih dari 350 ribu orang – termasuk Yupik, Dakota, Apache, Keres dan Cherokee.

Data yang dikumpulkan antara tahun 2009 dan 2013 itu mengungkapkan “luasnya keragaman Bahasa di Amerika”, demikian menurut ahli statistik dari Biro Sensus Amerika Erik Vickstrom.

Survei itu menunjukkan cakupan bahasa di 15 kawasan metropolitan di Amerika.

Warga di kawasan metro New York diketahui berbicara dalam sedikitnya 192 bahasa, yang terbesar di antara 15 kawasan lain. Warga di Los Angeles menggunakan sedikitnya 185 bahasa, warga Washington DC dengan 168 bahasa, warga Seattle dengan 166 bahasa dan Phoenix dengan 163 bahasa.

Kawasan metropolitan yang memiliki tingkat populasi tertinggi berusia di atas lima tahun yang bisa berbicara dalam bahasa lain selain Inggris adalah di Los Angeles yang mencakup 54% dan Miami dengan 51%.

Biro Sensus itu mendapati bahwa beberapa kelompok Bahasa yang lebih kecil di metropolitan mencakup bahasa Bengali, Serbia, Telugo, Malayalam, Tamil, Indonesia, Swahili, Albania, Panjabi, Suriah, Pima dan Ukraina. [em/ii]

XS
SM
MD
LG