Tautan-tautan Akses

115 Tewas Terinjak-injak Dekat Kuil di Madhya Pradesh, India


Sedikitnya 115 orang tewas dalam insiden saat festival keagamaan di distrik Datia, negara bagian Madhya Pradesh, India hari Minggu (13/10).

Sedikitnya 115 orang tewas dalam insiden saat festival keagamaan di distrik Datia, negara bagian Madhya Pradesh, India hari Minggu (13/10).

Sedikitnya 115 orang tewas dan 100 lainnya cedera karena terinjak-injak atau jatuh ke sungai saat festival keagamaan di negara bagian Madhya Pradesh, India hari Minggu (13/10).

Para pejabat di India Tengah telah memerintahkan penyelidikan terhadap penyebab insiden di jembatan menuju sebuah kuil Hindu terpencil di negara bagian Madhya Pradesh, Minggu (13/10). Sedikitnya 115 orang dilaporkan tewas dan 100 lainnya cedera karena terinjak-injak atau jatuh ke sungai Sindh dari jembatan dekat sebuah kuil di negara bagian tersebut.

Polisi India hari Minggu (13/10) mengatakan jumlah korban tewas mungkin akan bertambah karena petugas bantuan mendapat kesulitan mencapai para korban dalam insiden yang dipicu oleh kabar-kabar angin bahwa jembatan itu akan segera runtuh.

Media setempat menyatakan sebanyak 500 ribu peziarah berkumpul untuk mengikuti upacara Navaratra yang berlangsung 10 hari di kuil Ratangarh. Banyak di antara peziarah berada di dalam kuil itu ketika peristiwa tersebut terjadi.

Menurut para saksi mata, situasi memburuk akibat polisi berupaya menertibkan massa dengan pentungan.

Menurut polisi, kepanikan diatas jembatan itu terjadi ketika banyak orang sedang menyeberang untuk menghadiri upacara keagamaan di kuil Hindu di seberang sungai.

Kejadian serupa sering terjadi di India ketika ribuan orang berdesakan untuk menghadiri upacara keagamaan.
XS
SM
MD
LG