Tautan-tautan Akses

Sebuah Parasit Dinamai Obama


Parasit Baracktrema obamai, yang merepresentasikan genus dan spesies baru dari cacing pita bersifat parasit.

Parasit Baracktrema obamai, yang merepresentasikan genus dan spesies baru dari cacing pita bersifat parasit.

Parasit biasanya mendapat nama buruk, tapi ilmuwan mengatakan parasit yang satu ini mengingatkan dia pada presiden: panjang, tipis dan hebat.

Presiden Amerika Barack Obama yang masa jabatannya hampir habis telah mendapat penghormatan baru.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Parasitologi mengungkapkan, para ilmuwan telah memberi nama Baracktrema Obamai pada sejenis parasit yang hidup dalam darah penyu.

Parasit yang tampak seperti rambut tipis, dan panjangnya lima sentimeter itu adalah sejenis cacing pita.

Thomas Platt, profesor biologi yang baru pensiun dari Saint Mary’s College di Indiana yang memilih nama tadi mengatakan, pemberian nama itu adalah suatu penghormatan, bukan penghinaan.

Platt, yang menemukan dan menggunakan nama Obama untuk cacing pipih itu pada akhir karirnya sebelum pensiun, sebelumnya telah menemukan dan memberi nama 32 spesies baru.

Di antara jenis-jenis makhluk hidup itu ada yang diberinya nama ayah mertuanya, penasihat doktoralnya "dan orang-orang lain yang sangat saya hormati”.

"Ini adalah cara saya untuk menghormati presiden kita,'' kata Platt kepada kantor berita Associated Press.

Parasit biasanya mendapat nama buruk, tapi Platt mengatakan parasit yang satu ini mengingatkan dia pada presiden karena "Parasit ini panjang, tipis, dan hebat ''.

Platt mengatakan Baracktrema obamai "adalah organisme yang luar biasa tangguh. ''

Jenis cacing itu adalah keluarga jauh cacing pita yang dapat menyebabkan penyakit parah pada manusia, tetapi tidak membahayakan penyu. [sp/isa]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG