Tautan-tautan Akses

12 Korban Tewas Jatuhnya Penerbangan MH17 adalah WNI


Reaksi di bandara internasional Kuala Lumpur di Sepang, setelah keluar kabar mengenai jatuhnya pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH17.

Reaksi di bandara internasional Kuala Lumpur di Sepang, setelah keluar kabar mengenai jatuhnya pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH17.

Data diperoleh dari pejabat bandara Schipol Amsterdam. Korban terbanyak adalah warga negara Belanda.

Jos Nijhuis, CEO pejabat di bandara Schipol Amsterdam memastikan bahwa 12 di antara 298 penumpang dan awak pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh di Ukraina Timur adalah warga negara Indonesia.

Dalam konferensi pers bersama Wakil Presiden Malaysia Airlines di Eropa Kamis siang, disampaikan data selengkapnya kewarganegaraan penumpang pesawat naas itu, yaitu :

154 Belanda

27 Australia

23 Malaysia

12 Indonesia (termasuk seorang bayi)

6 Inggris

4 Jerman

4 Belgia

3 Filipina

1 Kanada

Sementara 11 di antara 15 awak pesawat adalah warga negara Malaysia.

Sebelumnya dalam konferensi pers di Kuala Lumpur, PM Malaysia Najib Razak mengatakan belum bisa memastikan apakah pesawat Malaysia Airlines MH17 itu ditembak atau tidak. Tetapi ditegaskan bahwa pihaknya akan melakukan penyelidikan bersama otorita terkait lainnya dan akan menyeret pelaku kejahatan itu ke muka hukum. Disampaikannya pula bahwa Presiden Amerika Barack Obama telah menelfonnya, menyampaikan belasungkawa dan menawarkan bantuan di lapangan serta penyelidikan penyebab jatuhnya pesawat itu. PM Najib Razak mengatakan “hari ini adalah hari tragis di tahun tragis bagi kami”.

Pesawat jenis Boeing 777 yang membawa 280 penumpang dan 15 awak itu sedang melakukan perjalanan dari Amsterdam, Belanda, menuju ke Kuala Lumpur, Malaysia. Pesawat dengan nomor penerbangan MH17 itu meninggalkan Amsterdam jam 12.15 Kamis malam dan diperkirakan tiba di Kuala Lumpur jam 6.10 Jum'at pagi. Menara pengawas di Ukraina mengatakan kehilangan kontak dengan pesawat itu sekitar jam 14.15 GMT di sebuah lokasi yang letaknya sekitar 50 kilometer dari perbatasan Ukraina-Rusia.

Sejumlah laporan mengatakan pesawat itu ditembak jatuh peluncur misil darat ke udara jenis BUK. Tetapi laporan ini belum dapat dikonfirmasi. Pemerintah Ukraina dan kelompok separatis pro-Rusia yang sedang bertempur di sekitar lokasi itu saling bantah telah menembak jatuh pesawat tersebut. Presiden Ukraina Petro Poroshenko siap menyelidiki musibah ini dan menyatakan jika benar pesawat jatuh karena ditembak maka aksi penembakan itu merupakan tindakan teror yang keji.

Presiden Amerika Barack Obama menyebut kecelakaan ini sebagai “tragedi mengerikan” dan telah berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin melalui telfon terkait kecelakaan tersebut. Inggris meminta Dewan Keamanan PBB untuk menyelenggarakan pertemuan darurat.

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte yang sedang menghadiri KTT Uni Eropa di Brussels segera bertolak pulang ke tanah air.

Sementara keluarga penumpang pesawat MH17 kini sudah mulai berdatangan di bandara Kuala Lumpur dan Amsterdam.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG