Tautan-tautan Akses

61 Pegawai PBB Tewas dalam Tahun 2014


Seorang tentara penjaga perdamaian PBB bertugas di Goma, Kongo (foto: dok).

Seorang tentara penjaga perdamaian PBB bertugas di Goma, Kongo (foto: dok).

Serikat PBB mengatakan bahwa 33 tentara penjaga perdamaian, 16 orang sipil, sembilan kontraktor dan tiga konsultan PBB tewas dalam tugas pada tahun 2014.

Serikat pegawai PBB mengatakan paling tidak 61 orang yang bekerja untuk organisasi dunia itu tewas sepanjang tahun 2014 – meningkat dari 58 orang tahun 2013 dan 37 orang tahun 2012.

Serikat itu hari Selasa (13/1) mengatakan termasuk korban tahun lalu adalah 33 tentara penjaga perdamaian, 16 orang sipil, sembilan kontraktor dan tiga konsultan.

Mali adalah lokasi kematian terbanyak dengan 28 penjaga perdamaian yang tewas di bagian utara negara itu antara Juni hingga Oktober, kata serikat itu. Gaza adalah lokasi kematian terbanyak bagi pegawai sipil PBB dengan 11 korban dalam perang antara Hamas dan Israel.

Sejumlah pegawai dan orang-orang terkait misi PBB lainnya juga ditahan, disandera dan diculik tahun lalu, kata serikat itu. Presiden serikat itu, Ian Richards, minggu lalu mendesak Majelis Umum PBB agar berbuat lebih banyak guna melindungi pegawainya yang menghadapi bahaya yang semakin besar.

XS
SM
MD
LG