Tautan-tautan Akses

Romney Rayakan Kemenangan Gubernur Partai Republik di Wisconsin


Gubernur Wisconsin, Scott Walker asal Partai Republik melambai kepada para pendukungnya usai dinyatakan mempertahankan jabatan Gubernur, di Waukesha, Wisconsin.

Gubernur Wisconsin, Scott Walker asal Partai Republik melambai kepada para pendukungnya usai dinyatakan mempertahankan jabatan Gubernur, di Waukesha, Wisconsin.

Kemenangan Scott Walker dari Partai Republik mempertahankan jabatan Gubernur di Wisconsin, menurut para pengamat, akan berimplikasi penting dalam pemilu presiden bulan November.

Seperti diramalkan sebelumnya, pemilihan pendahuluan Partai Republik di lima negara bagian Amerika semuanya disapu bersih oleh mantan gubernur negara bagian Massachusetts Mitt Romney yang selama ini telah melenggang tanpa pesaing setelah tiga kandidat lain, mantan Senator Amerika Rick Santorum, mantan kedua DPR Amerika Newt Gingrich, dan anggota DPR dari Texas Ron Paul, mengundurkan diri.

Dalam pemilihan pendahuluan tersebut, Mitt Romney dipastikan menang di negara bagian California dimana diperebutkan 169 delegasi, sehingga melengkapi kemenangan di kelima negara bagian, termasuk di Montana, New Jersey, New Mexico, dan South Dakota. Total 264 delegasi diperebutkan di ke-lima negara bagian itu dan Mitt Romney berkesempatan memenangkan seluruh delegasi itu.

Setelah kontes hari Selasa, hanya tinggal satu negara bagian yang belum mengadakan pemilihan pendahuluan, yakni Utah di mana akan diperebutkan 40 delegasi. Mengingat Mitt Romney adalah penganut agama Mormon yang berpusat di Utah, dia diperkirakan akan mendapat dukungan kuat di negara bagian itu.

Sementara itu, Gubernur negara bagian Wisconsin dari partai Republik, Scott Walker telah mempertahankan jabatannya setelah mengalahkan lawannya dari Partai Demokrat yang berusaha menggulingkannya. Kemenangan itu menurut para pengamat akan berimplikasi penting dalam pemilu presiden bulan November.

Tidak lama setelah menjabat pada bulan Januari 2011, Scott Walker mengusulkan undang-undang kontroversial yang secara tajam membatasi hak-hak sebagian besar pegawai pemerintah, termasuk hak tawar-menawar kenaikan gaji gaji dan tunjangan-tunjungan lain.

Langkah itu membuat marah serikat pekerja dan para aktivis Partai Demokrat. Mereka menggalang dukungan warga dan berhasil mengajukan petisi setelah mengumpulkan hampir sejuta tandatangan sebagai syarat untuk mengadakan pemilihan khusus itu. Para aktivis Partai Demokrat dan sekutu mereka dari serikat pekerja ingin menggulingkan Scott Walker karena undang-undang pembatasan hak tawar-menawar pegawai negeri tersebut.

Setelah hampir semua suara dihitung, Gubernur Walker dengan mudah mengalahkan Walikota Milwaukee Tom Barrett dengan selisih besar dalam pemilihan yang menarik pemilih Wisconsin dalam jumlah besar itu. Barrett, yang dikalahkan oleh Walker dalam pemilihan gubernur tahun 2010, mengaku kalah beberapa jam setelah TPS ditutup.

Dalam pidato pengakuan kalah itu, Barrett mengatakan sudah waktunya bagi negara bagian itu untuk menyembuhkan luka-luka lama, dan memuji para pendukungnya yang terlibat dalam perjuangan untuk menggeser Walter itu.

“Bagi Anda yang berjuang untuk mengumpulkan tanda tangan, yang rela berdiri kedinginan, yang melakukan apa yang menurut Anda benar, jangan pernah berhenti melakukan apa yang Anda anggap benar. Itulah yang membuat Amerika begitu hebat. Bagi Anda yang peduli dengan kota Milwaukee yang saya cintai; bagi Anda yang peduli dengan negara bagian yang saya cintai, marilah terus terlibat karena kita akan terus berjuang demi keadilan dan keadilan di kota dan negara bagian ini.”

Kemenangan Scott Walker di Wisconsin memberikan dukungan moril bagi calon Presiden Partai Republik Mitt Romney dalam pilpres November mendatang.

Kemenangan Scott Walker di Wisconsin memberikan dukungan moril bagi calon Presiden Partai Republik Mitt Romney dalam pilpres November mendatang.

Sementara itu, Gubernur Walker mengatakan kepada para pendukungnya yang bersorak sorai bahwa kemenangannya dalam pemilihan itu merupakan bukti bahwa para pemilih Wisconsin menyetujui upayanya, yang katanya diperlukan untuk mengatasi defisit anggaran negara bagian itu.

"Yang membuat Amerika sebagai salah satu negara terbesar dalam sejarah dunia adalah bahwa ketika dalam keadaan krisis, baik ekonomi maupun fiskal, baik militer maupun rohani – yang membuat Amerika menakjubkan – adalah fakta bahwa sepanjang sejarah kita, sepanjang lebih dari 200 tahun sejarah kita, ada pria dan wanita pemberani yang berdiri tegak dan memutuskan lebih penting untuk melihat masa depan anak-anak mereka dan cucu-cucu mereka daripada masa depan politik mereka sendiri."

Upaya penggeseran gubernur dari Partai Republik tersebut mengundang minat dan perhatian besar para pendukung Partai Republik maupun Partai Demokrat di seluruh Amerika. Gubernur Walker berhasil mengumpulkan 30 juta dolar untuk kampanyenya mempertahankan jabatan, dibanding penantangnya, Walikota Milwaukee Tom Barrett dari Partai Demokrat yang hanya mendapat sumbangan empat juta dolar.

Kemenangan Walker itu telah meningkatkan harapan kalangan tokoh nasional Partai Republik bahwa Mitt Romney – yang hampir pasti akan menjadi calon presiden partai itu – bisa mengalahkan Presiden Barack Obama dari Partai Demokrat dalam pemilu presiden November mendatang. Obama dengan mudah memenangkan Wisconsin dalam pemilu tahun 2008 lalu, dan jajak pendapat hari Selasa kemarin menunjukkan Obama masih unggul atas Romney.
XS
SM
MD
LG