Tautan-tautan Akses

AS

Satu Lagi Senator Demokrat Tolak Persetujuan Nuklir Iran


Senator Robert Menendez dari New Jersey.

Senator Robert Menendez dari New Jersey.

Robert Menendez mengatakan Presiden Barack Obama keliru ketika ia mengatakan persetujuan itu akan menghentikan program nuklir Iran untuk selamanya.

Satu lagi tokoh faksi Demokrat dalam Senat Amerika mengatakan ia akan menentang persetujuan nuklir dengan Iran, yang membuat persetujuan Kongres menjadi semakin tidak pasti.

Senator Robert Menendez dari New Jersey mengatakan dalam pidatonya hari Selasa (18/8) di Seton Hall University bahwa ia yakin persetujuan itu akan memberi Iran apa yang disebutnya “unsur inti infrastruktur nuklir yang kuat.”

“Jika Iran memperoleh bom nuklir, nama saya tidak akan ada pada bom itu,” kata Menendez. “Saya akan memberi suara yang menolak persetujuan itu dan, jika diperlukan, akan memberi suara untuk mengalahkan veto presiden.”

Menendez mengatakan Presiden Barack Obama keliru ketika ia mengatakan persetujuan itu akan menghentikan program nuklir Iran untuk selamanya. Senator itu mengatakan Iran pernah melanggar janjinya pada waktu lalu untuk menghentikan ambisi nuklirnya.

Ia juga mengatakan persetujuan itu hanya memperkecil infrastruktur nuklir Iran, bukan membongkarnya.

Bulan lalu, Senator New York Chuck Schumer, posisi tertinggi ketiga dalam faksi Demokrat, mengatakan ia akan menentang persetujuan nuklir itu dan akan berusaha membujuk para senator lain untuk mengikutinya.

Obama telah berjanji akan mengeluarkan veto kalau DPR dan Senat menolak persetujuan nuklir itu bulan depan. Tidak jelas apakah Kongres mempunyai cukup suara untuk mengalahkan veto.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG