Tautan-tautan Akses

Satelit Canggih AS akan Perbaiki Prakiraan Cuaca


Dinas cuaca AS, NOAA meluncurkan satelit generasi baru, GOES-R dari Cape Canaveral, Florida, pada hari Sabtu (19/11).

Dinas cuaca AS, NOAA meluncurkan satelit generasi baru, GOES-R dari Cape Canaveral, Florida, pada hari Sabtu (19/11).

Sebuah satelit cuaca baru yang diluncurkan dinas cuaca AS bisa menyelamatkan nyawa dengan memprediksi cuaca ekstrem secara lebih akurat.

Dinas cuaca AS, National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) meluncurkan satelit GOES-R dari Cape Canaveral, Florida, pada hari Sabtu (19/11) dan satelit itu akan berada di orbit sekitar 36.000 kilometer di atas Bumi.

NOAA mengatakan satelit ini bisa "meningkatkan jaringan pengamatan cuaca negara dan kemampuan prediksi NOAA, yang mengarah pada ramalan yang lebih akurat dan pemantuan serta peringatan yang tepat waktu."

NOAA mengatakan satelit ini perlu menjalani pengujian enam instrumennya dan akan beroperasi "dalam waktu satu tahun." "Satelit cuaca masa depan akhirnya tiba. GOES-R adalah salah satu pemantau Bumi yang paling canggih yang pernah dirancang," kata Administrator NOAA Kathryn Sullivan.

"Instrumen-instrumen GOES-R akan mampu memindai planet lima kali lebih cepat dan dengan resolusi empat kali lebih besar dari satelit lainnya dalam armada kami. Dengan instrumen baru dan kemampuan baru yang kuat, GOES-R akan memperkuat kemampuan NOAA untuk mengeluarkan ramalan dan peringatan yang menyelamatkan jiwa dan membuat Amerika Serikat bahkan lebih kuat, lebih tangguh sebagai negara yang tanggap cuaca."

NOAA mengatakan satelit baru akan dapat memindai langit lima kali lebih cepat dari satelit saat ini dan memberikan gambar empat kali lebih rinci dari apa yang saat ini tersedia. [as]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG