Tautan-tautan Akses

Sastrawan Inggris Jane Austen Mungkin Jadi Wajah Uang Kertas 10 Pound


Penulis novel “Pride and Prejudice” Jane Austen akan menjadi wajah baru di lembaran uang kertas poundsterling di Inggris (foto: dok).

Penulis novel “Pride and Prejudice” Jane Austen akan menjadi wajah baru di lembaran uang kertas poundsterling di Inggris (foto: dok).

Penulis novel “Pride and Prejudice” Jane Austen mungkin akan menggantikan Charles Darwin sebagai wajah baru di lembaran uang kertas 10 poundsterling di Inggris.

Gubernur Bank of England, Mervyn King yang akan habis masa jabatannya, mengungkapkan usul itu hari Selasa (25/6) setelah bank sentral Inggris itu baru-baru ini mengkonfirmasi mereka akan mengganti wajah Elizabeth Fry, seorang reformis sosial abad ke-19, dengan Winston Churchill, mantan perdana menteri zaman perang, di lembaran uang kertas lima poundsterling.

Pengumuman itu langsung memicu keluhan bahwa tidak satupun perempuan kecuali Ratu Elizabeth bisa ditampilkan di lembarn uang kertas Inggris. Sejumlah aktivis melancarkan petisi online terkait isu ini, dan 46 anggota parlemen minggu lalu mengirim surat ke bank sentral itu agar mempertimbangkan ulang keputusan yang sudah diperkirakan itu.

Mervyn hari Selasa berusaha meyakinkan kembali para anggota parlemen bahwa kekhawatiran semacam itu tidak beralasan. Ia mengatakan bank sentral sudah punya sistem “cadangan” lembaran uang kertas yang tidak didistribusikan ke dalam pasar dan wajah Austen sudah terpasang selama dua tahun ini – menjadikannya tokoh yang paling mungkin tampil di lembaanr uang kertas baru di pasar nanti.

Austen, yang juga menulis novel “Emma” dan Sense and Sensibility”, adalah salah satu pengarang Inggris yang paling digemari. Tahun ini adalah ulang tahun ke-200 novel “Pride and Prejudice”, yang dirayakan diseluruh Inggris dengan pesta-pesta kostum dan berbagai acara lainnya.
XS
SM
MD
LG