Tautan-tautan Akses

Sarkozy, Merkel akan Bahas Krisis Utang Zona Euro


Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel di Istana Elysee, Paris (16/8).

Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel di Istana Elysee, Paris (16/8).

Kanselir Jerman dan Presiden Perancis tak berencana membahas proposal 'Eurobonds,' yang disebut-sebut sebagai solusi bagi krisis utang.

Para pemimpin dari Jerman dan Perancis akan bertemu di Paris, Selasa (16/8), untuk membahas krisis utang yang melanda 17 negara zona euro.

Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy diperkirakan akan membahas cara untuk meningkatkan tata kelola ekonomi dalam upaya meyakinkan investor bahwa pemerintah Eropa bertindak cukup dalam mengekang krisis.

Namun, Kanselir Merkel dan Presiden Sarkozy mengatakan mereka tidak berencana membahas proposal untuk menerbitkan obligasi bersama, yang disebut “Eurobonds," sebagai bagian dari solusi.

Sebagian telah menyerukan agar zona euro menyetujui obligasi yang dijamin bersama-sama untuk memastikan pembiayaan yang terjangkau bagi negara-negara Eropa yang paling tertekan secara finansial.

Para pengecam “Eurobonds” khawatir langkah tersebut akan mengurangi insentif bagi ekonomi zona euro yang lebih lemah seperti Yunani untuk mereformasi ekonomi mereka, dan pada saat yang sama, beban tersebut akan merugikan negara yang keuangannya kuat.

Pertemuan ini dilakukan sehari setelah Bank Sentral Eropa mengumumkan lembaga tersebut menghabiskan hampir 32 miliar dolar AS untuk membeli utang pemerintah pekan lalu. Langkah ini ditempuh guna menopang pasar obligasi Spanyol dan Italia.

Di saat Eropa terus mencari langkah-langkah untuk menstabilkan pasar keuangan, Bank Sentral Eropa telah mengambil peran yang lebih dominan dalam menangani krisis.

XS
SM
MD
LG