Tautan-tautan Akses

Rick Santorum Mundur dari Pencalonan Presiden Amerika


Mantan Senator AS, Rick Santorum menangguhkan pencalonan, setelah puterinya sakit (foto: dok).

Mantan Senator AS, Rick Santorum menangguhkan pencalonan, setelah puterinya sakit (foto: dok).

Kandidat Presiden AS Rick Santorum telah menangguhkan kampanyenya, tapi berjanji untuk meneruskan upaya agar calon Partai Republik bisa menjadi presiden.

Kandidat presiden Amerika dari Partai Republik Rick Santorum telah mundur dari persaingan untuk memenangkan jabatan Gedung Putih tapi mengatakan ia akan terus berjuang untuk mengalahkan presiden Barack Obama.

Santorum menyampaikan pengumuman itu hari Selasa di Gettysburg, Pennsylvania sehari setelah anak perempuannya Bella keluar dari RS dimana ia dirawat selama tiga hari karena penyakit genetika langka yang disebut Trisomy 18.

Santorum mengatakan penyakit putrinya itu menyebabkan keluarganya mempertimbangkan keputusan untuk meninggalkan persaingan. Ia mengatakan keluarganya ingin menggunakan lebih banyak waktu dengan Bella di masa mendatang.

Ia berterima kasih kepada pendukungnya dan telah memenangkan jutaan suara dan 11 pemilu pendahuluan.

Santorum, mantan Senator Amerika dari negarabagian Pennsylvania, mundur dari pencalonan seminggu setelah kalah dalam tiga pemilu pendahuluan dari unggulan calon Partai Republik, Mitt Romney bekas gubernur Massachusetts. Santorum sebelumnya menantikan pemilu pendahuluan 24 April di negara bagiannya Pennsylvania untuk meningkatkan kampanyenya yang tampak menurun.

Tapi kalaupun ia menang di Pennsylvania, Santorum masih jauh dibelakang Romney dalam jumlah delegasi yang diperlukan untuk memenangkan pencalonan Partai Republik.

Romney mengucapkan selamat kepada Santorum atas kampanyenya dan menyebutnya sebagai pesaing yang mampu dan layak serta mempunyai suara penting bagi Amerika.

Hanya dua kandidat yang tersisa dalam persaingan Partai republik disamping Romney, yaitu bekas ketua DPR Newt Gingrich dam anggota Kongres dari Texas Ron Paul.
XS
SM
MD
LG