Tautan-tautan Akses

Santorum, Romney Sama Kuat dalam Kontes Capres Partai Republik


Mantan Senator Rick Santorum (kiri) dan mantan gubernur Massachusetts, Mitt Romney berada pada posisi sama kuat.

Mantan Senator Rick Santorum (kiri) dan mantan gubernur Massachusetts, Mitt Romney berada pada posisi sama kuat.

Tiga jajak pendapat terakhir menunjukkan mantan Senator Rick Santorum praktis sama kuat dengan mantan gubernur Mitt Romney.

Kandidat presiden Amerika dari Partai Republik Rick Santorum yang menang secara tidak terduga dalam tiga kontes pencalonan menikmati dukungan baru pada kampanyenya dengan jajak pendapat menunjukkan dukungan kepadanya meningkat.

Tiga jajak pendapat yang besar menunjukkan Santorum praktis sama kuat dengan mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney.

Jajak pendapat CBS News dan New York Times menunjukkan Santorum mendapat dukungan 30 persen dikalangan pemberi suara pemilu pendahuluan dari partai Republik, dibandingkan dengan 27 persen dukungan bagi Romney. Keunggulan itu masih bisa salah. Angka terbaru ini merupakan pergeseran besar bagi Santorum yang hanya mendapat dukungan 16 persen pada jajak pendapat serupa pada bulan Januari.

Survei Pew Research menunjukkan Santorum, mantan senator Pennsylvania mendapat dukungan 30 persen dibandingkan dengan Romney 28 persen.

Jajak pendapat Gallup menunjukkan 32 persen pemilih dari partai republik yang terdaftar mendukung Romney, unggul sedikit dari Santorum yang mendapat 30 persen. Mantan ketua DPR Newt Gingrich, yang tadinya unggul bulan lalu kini berada di tempat ketiga dengan dukungan 16 persen dan anggota DPR dari Texas Ron Paul berada di tempat ke empat dengan 8 persen.

Minggu lalu Santorum menang tak terduga dalam kontes pencalonan di negara bagian Missouri, Minnesota dan Colorado. Tapi kemudian Romney unggul dalam kaukus hari Sabtu di negara bagian Maine.

XS
SM
MD
LG