Tautan-tautan Akses

Popularitas Bernie Sanders Ungguli Hillary Clinton


Senator Bernie Sanders, bakal calon Presiden dari partai Demokrat yang berhaluan sosialis (foto: dok).

Senator Bernie Sanders, bakal calon Presiden dari partai Demokrat yang berhaluan sosialis (foto: dok).

Bernie Sanders adalah Senator dari negara bagian Vermont, dan merupakan bakal calon Presiden dari partai Demokrat yang berhaluan sosialis.

Popularitas Bernie Sanders bakal calon Partai Demokrat untuk Pemilu Presiden Amerika tahun 2016 terus meningkat bahkan mengalahkan Hillary Clinton. Ia gencar memperluas pengaruhnya termasuk terhadap warga asli Amerika dengan mengangkat isu-isu suku Indian.

Dalam jajak pendapat terakhir yang dilakukan jaringan televisi NBC/Marist, Bernie Sanders unggul 9% dari Hillary Clinton yang sebelumnya memimpin persaingan bakal calon Partai Demokrat.

Sanders mendapat dukungan para pemilih partainya 41% sementara Hillary Clinton 32% di New Hampshire, negara bagian yang dianggap berperan penting dalam persaingan menjadi Presiden Amerika.

Bernie Sanders kini juga meningkat popularitasnya di Iowa negara bagian penting lainnya. Akhir pekan lalu ia mengunjungi permukiman suku Indian di Iowa dan mendapat tanggapan antusias warga.

Survei politik terbaru juga menunjukkan Senator Bernie Sanders unggul tipis atas mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton di Iowa, negara bagian di mana para pemilih dalam bulan Februari mendatang akan mulai menentukan kandidat untuk pemilihan presiden 2016.

Jajak pendapat Quinnipiac University yang dilansir hari Kamis (10/9) menunjukkan Sanders didukung oleh 41 persen pemilih Demokrat, di negara bagian itu, sementara Clinton didukung 40 persen – suatu perubahan dari jajak dua bulan sebelumnya sewaktu Clinton unggul 19 persen di Iowa.

Wakil presiden Joe Biden, yang bukan seorang kontestan tetapi mungkin akan mencalonkan diri kemudian, meraih 12 persen dukungan.

Sanders, Senator Vermont, mengundang massa pendukung berpandangan liberal yang antusias dalam kampanye-kampanye di berbagai penjuru Amerika dengan pernyataan khasnya yaitu menentang pengaruh Wall Street dan perusahaan-perusahaan besar terhadap kehidupan rakyat Amerika.

Sanders juga dikenal dengan kegigihannya memperjuangkan kesetaraan pendapatan di Amerika, bahkan mengusulkan upah minimum menjadi 15 dolar/per jam dan layanan kesehatan universal.

“Kita akan berjuang bersama untuk perekonomian bagi kelas menengah dan keluarga-keluarga pekerja di negara ini bukannya hanya orang-orang kaya saja,” tukas Sanders.

Ia juga menginginkan pendidikan tinggi negeri gratis bagi mahasiswa. Untuk meraih simpati warga asli Amerika ia menekankan rasa cinta suku-suku Indian terhadap alam dan tanah air mereka serta menyerukan tindakan untuk mengatasi perubahan iklim.

Warga asli Amerika, kata Sanders, mungkin lebih dari siapapun di negara ini dikenal karena hubungan mereka dengan alam dan pentingnya menghormati alam. Ia juga menambahkan bahwa suku Indian memahami kita bisa bertahan dan hidup karena alam.

Kunjungan Sanders itu ke pemukiman suku Indian merupakan yang pertama dilakukan oleh bakal calon Presiden Amerika sejak Gubernur New Mexico Bill Richardson berkampanye disana menjelang kaukus tahun 2008.

Pemukiman suku Indian itu terletak disebelah barat Toledo dan suku Tama di Iowa timur yang menjadi tempat tinggal sekitar 900 orang suku Sac dan Fox di Iowa. Suku itu memiliki lahan 8.000 hektar dan mengelola hotel Meskwaki Bingo Casino Hotel.

XS
SM
MD
LG