Tautan-tautan Akses

Survei: Sanders, Trump, Pertahankan Keunggulan di New Hampshire


Jajak pendapat menunjukkan Senator Bernie Sanders (kiri) unggul 10 persen atas mantan Menlu AS Hillary Clinton di negara bagian New Hampshire (foto: dok).

Jajak pendapat menunjukkan Senator Bernie Sanders (kiri) unggul 10 persen atas mantan Menlu AS Hillary Clinton di negara bagian New Hampshire (foto: dok).

Survei terbaru menunjukkan kandidat Capres Senator Bernie Sanders (Demokrat) dan pengusaha real estate Donald Trump (Republik) mempertahankan keunggulan di New Hampshire.

Sebuah jajak pendapat baru menunjukkan Senator dari Vermont, Bernie Sanders dan pengusaha real estate Donald Trump mempertahankan keunggulan di negara bagian New Hampshire, yang akan melaksanakan pemilihan babak awal kandidat capres pada hari Selasa (9/2).

Jajak pendapat, yang dirilis Monmouth University hari Minggu (7/2), menunjukkan Donald Trump kemungkinan akan meraih dukungan 30 persen dari pemilih Partai Republik di New Hampshire. Ini hampir tidak berubah dibanding bulan lalu.

Donald Trump unggul 16 persen dari pesaing terdekatnya, Gubernur Ohio John Kasich, yang bersaing ketat untuk meraih tempat kedua dengan Senator Florida Marco Rubio, Senator Texas Ted Cruz, dan mantan Gubernur Florida Jeb Bush.

Dalam persaingan untuk partai Demokrat, jajak pendapat menunjukkan Bernie Sanders unggul 10 persen atas mantan Menlu AS Hillary Clinton. Angka tersebut turun dari keunggulan 14 persen yang diraih Bernie Sanders atas Hillary Clinton bulan lalu.

Bernie Sanders memiliki keuntungan di New Hampshire karena terletak di sebelah negara bagian Vermont, tempat ia berasal. Tapi Hillary Clinton bertekad untuk tidak menyerah, ia berharap dapat memperkecil kesenjangan setelah kedua kandidat mencapai hasil hampir berimbang dalam pemilihan babak awal di Iowa pekan lalu.

Pemilihan babak awal di New Hampshire juga dianggap penting bagi beberapa kandidat capres dari Partai Republik, terutama untuk kelompok kandidat capres lapis kedua yang kurang sukses di Iowa. [zb]

XS
SM
MD
LG