Tautan-tautan Akses

Sanders Raih Kemenangan Mengejutkan di Michigan


Kandidat capres AS dari Partai Demokrat, Bernie Sanders melambaikan tangan kepada para pendukungnya di Miami, Florida, pada malam menjelang pemilihan di negara bagian Michigan, Mississippi (8/3).

Kandidat capres AS dari Partai Demokrat, Bernie Sanders melambaikan tangan kepada para pendukungnya di Miami, Florida, pada malam menjelang pemilihan di negara bagian Michigan, Mississippi (8/3).

Banyak jajak pendapat menunjukkan mantan menteri luar negeri  Hillary Clinton sangat diunggulkan untuk menang di Michigan, namun ternyata Sanders yang memperoleh 50 persen suara.

Senator Vermont Bernie Sanders memetik kemenangan mengejutkan dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat di Michigan, sementara Donald Trump dari Partai Republik memperbesar keunggulannya dengan kemenangan di Michigan, Mississippi dan Hawaii.

Banyak jajak pendapat menunjukkan mantan menteri luar negeri Hillary Clinton sangat diunggulkan untuk menang di Michigan, namun ternyata Sanders yang memperoleh 50 persen suara. Clinton menang mudah pada pemilihan pendahuluan lain di negara bagian Mississippi.

Sanders mengatakan, kemenangannya di Michigan menunjukkan revolusi politiknya kuat di berbagai penjuru Amerika, dan ia yakin kawasan-kawasan di mana kampanyenya berlangsung paling gencar adalah kawasan-kawasan yang belum melangsungkan pemilihan pendahuluan.

Matt Grossmann, direktur Pusat Riset Kebijakan Publik dan Masyarakat di Universitas Negara Bagian Michigan, mengatakan, kunci kemenangan Sanders adalah popularitasnya di kalangan orang-orang muda, yang seringkali sulit dijangkau para pelaku jajak pendapat namun muncul memberikan suara mereka di Michigan. Sanders juga berhasil mengatasi kesulitannya dalam menggalang dukungan kelompok-kelompok minoritas.

Clinton mengatakan kepada para pemilih di Cleveland, Ohio, salah satu dari lima negara bagian yang melangsungkan pemilihan pendahuluan Partai Demokrat pekan depan, bahwa ia bangga dengan kampanye yang dilangsungkan dirinya dan Sanders. Ia membandingkan kampanye mereka dengan kampanye Partai Republik, di mana para kandidat berusaha saling menjatuhkan. [ab/as]

XS
SM
MD
LG