Tautan-tautan Akses

AS

Bernie Sanders Minta Pengikutnya Dukung Clinton

  • Made Yoni

Mantan kandidat calon presiden Partai Demokrat, Senator Bernie Sanders, berpidato pada pada hari pertama Konvensi Nasional Partai Demokrat di Philadelphia (25/7). (VOA/A. Shaker)

Mantan kandidat calon presiden Partai Demokrat, Senator Bernie Sanders, berpidato pada pada hari pertama Konvensi Nasional Partai Demokrat di Philadelphia (25/7). (VOA/A. Shaker)

Sanders mengimbau para pendukungnya agar merasa bangga dengan hasil pencapaian mereka yang bersejarah.

Hari pertama Konvensi Nasional Partai Demokrat, Senin (25/7), berlangsung baik. Pendukung mantan kandidat calon presiden Bernie Sanders sempat melakukan aksi protes di beberapa tempat di kota Philadelphia, sementara Sanders dalam pidatonya pada Senin malam mengatakan perjuangan pendukungnya adalah revolusi bersejarah.

Sanders membesarkan hati pendukungnya namun tidak menarik dukungannya kepada Hillary Clinton yang akan secara resmi dinyatakan sebagai calon presiden Partai Demokrat.

Sanders mengimbau para pendukungnya agar merasa bangga dengan hasil pencapaian mereka yang bersejarah. Bersama-sama, mereka akan membangun revolusi politik untuk mengubah Amerika dan revolusi itu terus menjadi milik bersama.

Para delegasi yang mencemooh prospek kepresidenan Hillary Clinton sebelumnya kelihatanya menerima permintaan Sanders untuk mendukung Clinton melawan Donald Trump dalam pemilihan umum November.

"Siapa pun pengamat yang obyektif akan menyimpulkan bahwa, berdasarkan ide-idenya dan kepemimpinannya, Hillary Clinton harus menjadi presiden berikutnya dari Amerika Serikat. Pilihannya bahkan tidak ketat," ujar Sanders kepada hadirin.

Tokoh lain yang berpidato malam itu adalah Wellington J. Webb, mantan walikota Denver, Colorado, dan salah seorang tokoh senior Partai Demokrat yang disegani.

Sebelum berpidato Webb mengingatkan pendukung kubu Sanders dan mereka yang tidak puas terhadap Clinton untuk memutuskan berada di partai mana. Webb menganggap pendukung Bernie Sanders dan Hillary Clinton adalah pendukung Partai Demokrat, kalau tidak mereka seharusnya memilih Donald Trump.

Berbicara kepada VOA, Webb juga mengatakan popularitas Trump yang meningkat melampaui Clinton pasca konvensi Partai Republik tidak akan berpengaruh pada pemilu November mendatang.

Sementara itu Ibu negara Michelle Obama yang pidatonya dianggap sangat mengesankan menegaskan kekuatan, ketahanan serta keseriusan Hillary Clinton sebagai seorang presiden.

Michelle mengatakan ia disana malam itu karena tahu Hillary Clinton akan menjadi presiden semacam itu. Itulah sebabnya dalam pemilu ini, ia mendukung Clinton.

Konvensi hari kedua DNC akan menampilkan pembicara antara lain Joe Sweeney, detektif yang banyak berjasa ketika serangan 11 September 2001 terjadi, serta mantan presiden Bill Clinton.

XS
SM
MD
LG