Tautan-tautan Akses

Sandera ISIS Beri Penjelasan Situasi Mosul dalam Video


Wartawan foto Inggris, John Cantlie dalam video propaganda ISIS (foto: dok).

Wartawan foto Inggris, John Cantlie dalam video propaganda ISIS (foto: dok).

Dalam video terbaru ISIS, wartawan foto John Cantlie menjelaskan bahwa “kehidupan di kota Mosul berjalan seperti biasa”.

ISIS telah mengeluarkan sebuah video propaganda baru, yang kali ini menunjukkan seorang sandera Inggris berpura-pura menjalani kehidupan normal di kota Mosul yang dikuasai militan itu.

Dalam video berdurasi delapan menit yang dipasang di situs-situs jihad, seorang wartawan foto John Cantlie mengklaim “kehidupan di Mosul berjalan seperti biasa”.

Cantlie mengatakan warga di kota terbesar kedua di Irak yang direbut ISIS bulan Juni lalu “tidak hidup dalam ketakutan”. Dalam video bergaya dokumenter itu, Cantlie mengunjungi sebuah pasar, rumah sakit dan pos polisi.

Ini merupakan untuk kedua kalinya Cantlie dipertunjukkan dalam video ISIS yang seakan-akan merupakan laporan berita di sebuah kota, lainnya adalah di kota Kobani – kota di dekat perbatasan Turki di mana militan dan pasukan Kurdi terlibat dalam pertempuran selama beberapa bulan. Dalam lima video lainnya, Cantlie tampak dalam beberapa ruang gelap.

Cantlie ditangkap ISIS dua tahun lalu. Dalam sebuah video bulan November lalu, Cantlie mengatakan “telah sejak lama pasrah akan nasibnya” yang tampaknya akan sama seperti empat sandera Barat lain yang dipenggal di depan kamera oleh para jihadis itu.

Inggris mengatakan sedang mempelajari isi video Cantlie tentang Mosul itu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG