Tautan-tautan Akses

San Francisco, Kota yang Terbanyak Dikunjungi Wisatawan di Amerika

  • Ted Lanphair

Jembatan Golden Gate dengan latar belakang kota San Fransisco (foto: dok).

Jembatan Golden Gate dengan latar belakang kota San Fransisco (foto: dok).

Apa daya tarik San Francisco? Mengapa penyanyi Tony Bennett, dalam lagu terkenalnya mengatakan, I Left My Heart In San Francisco, 'Hatinya terpaut di San Francisco', bukan di Boston, atau Cincinnati?

Kota San Francisco yang berbukit-bukit adalah kota terbesar nomor tiga belas di Amerika. Tiga kota lain yang lebih besar di negara bagian California, adalah Los Angeles, San Diego, dan San Jose. Tetapi tiap tahun San Francisco berada pada nomor satu atau dua di Amerika dalam jumlah wisatawan yang berkunjung.

Apa daya tarik San Francisco? Mengapa penyanyi Tony Bennett, dalam lagu terkenalnya mengatakan, I Left My Heart In San Francisco, “Hatinya terpaut di San Francisco”, bukan di Boston, atau Cincinnati?

Mungkin karena keadaan alamnya, kota itu sering diselubungi kabut sepanjang 40 bukit terjal yang menghadap Teluk San Francisco yang berkilauan.

Rumah-rumah unik bergaya zaman Victoria di kawasan Haight-Ashbury, yang menjadi ciri khas kota San Fransisco.

Rumah-rumah unik bergaya zaman Victoria di kawasan Haight-Ashbury, yang menjadi ciri khas kota San Fransisco.

Banyak daerah tempat tinggal yang padat penduduknya di sekitar bukit-bukit itu penuh dengan rumah-rumah gaya zaman Victoria yang penuh hiasan, dan disebut “Painted Ladies”.

Mengingat pantai-pantainya yang indah, daerah perdagangan tepi laut yang ramai, dua jembatan paling megah di dunia, dan taman kotanya yang besar, tidak mengherankan kalau San Francisco merupakan tempat yang diidamkan dan mahal, untuk tempat tinggal, serta menyenangkan untuk dikunjungi.

Selain teater-teater pertunjukan yang bagus, perusahaan balet tertua di Amerika puluhan galeri seni, dan ribuan restoran mahal, San Francisco memancarkan kecanggihan.

Kota San Francisco memang sering diguyur hujan, tetapi musim dingin di San Francisco tidak parah, dan pada musim panas kota itu sejuk. Sejuk sekali.

Sebenarnya, ada peribahasa yang menyenangkan, yang secara keliru dianggap kata-kata penulis terkenal Mark Twain, yaitu “Musim dingin paling dingin yang pernah saya alami adalah musim panas di San Francisco.”

Kawasan Chinatown di kota San Fransico (foto: dok).

Kawasan Chinatown di kota San Fransico (foto: dok).

Daya tarik utama bagi para pengunjung di San Francisco adalah Chinatown, tempat komunitas Asia terbesar di luar Asia. Dan salah satu lambang San Francisco paling abadi adalah 37 kereta kabel yang disebut Cable Cars -- yang merupakan satu-satunya yang masih tersisa di dunia.

Di daerah tempat tinggal Haight-Ashbury, kita masih bisa melihat orang-orang yang berusaha meniru pengalaman gerakan “hippie” tahun 60-an, yaitu pemberontakan di bidang politik dan budaya, yang dikenal dengan nama “Summer of Love” di San Francisco tahun 1967.

Di teluk San Francisco, ada Penjara Alcatraz, yang dulu pernah dipakai untuk memenjarakan narapidana terberat, kini dibuka untuk wisatawan.

Daya tarik khas ini menunjukkan mengapa penulis ceritera pendek Amerika, O. Henry menulis ceritera berjudul “East Is East, and West is San Francisco”, atau “Timur adalah Timur, dan Barat adalah San Francisco.”

XS
SM
MD
LG