Tautan-tautan Akses

Samsung Bertekad Rajai Pasar Komputer Tablet


Samsung Galaxy tablet, produksi Samsung Electronics (foto: dok). Samsung menjual 16,6 juta tablet tahun lalu, masih tertinggal jauh di belakang Apple yang menjual 65,7 juta iPad.

Samsung Galaxy tablet, produksi Samsung Electronics (foto: dok). Samsung menjual 16,6 juta tablet tahun lalu, masih tertinggal jauh di belakang Apple yang menjual 65,7 juta iPad.

Raksasa elektronik Korea Selatan, Samsung memiliki sasaran untuk mendominasi pasar komputer tablet di dunia dengan mengungguli Apple.

Samsung Electronics Co memiliki sasaran baru setelah mengambil alih posisi Apple dalam bisnis smartphone, yakni juga ingin menjadi No. 1 dalam dunia komputer tablet.

Seorang eksekutif teratas, Shin Jong-Kyun, hari Rabu (6/11) memberitahu para analis bahwa bisnis tablet Samsung berkembang pesat dan perusahaan itu akan menjadi produsen terbesar komputer tablet. Dia tidak memberikan kerangka waktu.

Shin mengatakan penjualan tablet Samsung akan melebihi 40 juta unit tahun ini, lebih dari dua kali lipat penjualan tahun 2012.

Lembaga riset International Data Corp. atau IDC memperkirakan bahwa Samsung menjual 16,6 juta tablet pada tahun 2012, masih tertinggal jauh di belakang Apple Inc yang menjual 65,7 juta iPad.

Namun, untuk pertama kalinya, pengiriman komputer tablet yang menggunakan perangkat Android dari Google Inc melebihi iPad tahun ini, menurut prediksi IDC, seiring turunnya pangsa pasar Apple di dunia.

Pertumbuhan beragam tablet Android yang lebih kecil dan lebih murah, dari Google sampai Amazon.com Inc meningkat tahun ini, seiring bertambahnya jumlah konsumen dan berkurangnya dominasi Apple sejak iPad pertama diluncurkan pada 2010, menurut IDC.

Pengiriman iPad diperkirakan menguasai 46 persen pasar tablet pada 2013, turun dari 51 persen tahun lalu, menurut IDC. Sementara itu, perangkat yang menggunakan Android diperkirakan naik pangsa pasarnya, menjadi 49 persen tahun ini, dari 42 persen tahun lalu.
XS
SM
MD
LG