Tautan-tautan Akses

Sam Smith Menang Besar di Grammy


Sam Smith berfoto di ruang pers dengan penghargaan untuk artis baru, album vokal pop, lagu terbaik dan rekaman terbaik Grammy Awards 2015 (8/2).

Sam Smith berfoto di ruang pers dengan penghargaan untuk artis baru, album vokal pop, lagu terbaik dan rekaman terbaik Grammy Awards 2015 (8/2).

Namun Smith kalah dalam kategori album terbaik dari Beck dengan albumnya Morning Phase, yang juga mengalahkan karya-karya Beyonce, Pharrell Williams dan Ed Sheeran.

Penyanyi Inggris Sam Smith adalah pemenang besar dalam acara tahunan industri musik Grammy Awards yang ke-57 di Los Angeles, Minggu (8/2).

Lagunya yang penuh perasaan Stay With Me mendapatkan penghargaan Rekaman Terbaik dan Lagu Terbaik. Smith juga menjadi artis baru terbaik tahun ini dan albumnya In the Lonely Hour merupakan album vokal pop terbaik.

Namun, ia kalah dalam kategori album terbaik dari Beck dengan albumnya Morning Phase, yang juga mengalahkan karya-karya Beyonce, Pharrell Williams dan Ed Sheeran.

Smith, 22, mengatakan saat menerima penghargaan rekaman terbaik, "Saya ingin berterima kasih pada pria yang menjadi tema rekaman ini, yang membuat saya jatuh cinta tahun lalu. Terima kasih banyak karena mematahkan hati saya karena kamu memberikan saya empat Grammy."

Penampilan-penampilan malam itu diberikan oleh artis-artis lama dan baru. Tony Bennett yang awet muda menyanyikan Dancing Cheek to Cheek dengan Lady Gaga yang tampil elegan. Pasangan unik itu mendapatkan Grammy untuk album vokal pop tradisional terbaik.

​Pemenang-pemenang Grammy lainnya termasuk:

Penampilan solo pop terbaik: Happy dari Pharrell Williams

Lagu R&B terbaik: Drunk in Love dari Beyonce dan Jay Z

Lagu country terbaik: I'm Not Gonna Miss You dari Glen Campbell

Penampilan rock terbaik: Lazaretto dari Jack White

Album R&B terbaik: Love, Marriage and Divorce dari Toni Braxton and Babyface

Album country terbaik: Platinum dari Miranda Lambert

Album rap terbaik: The Marshall Mathers LP2 dari Eminem

Penyanyi rap LL Cool J kembali menjadi pembawa acara tahun ini.

​Paul McCartney, Rihanna dan Kanye West tampil membawakan lagu baru mereka Four Five Seconds, yang menjadi penampilan paling dinanti malam itu. Madonna menyanyikan lagu barunya Living for Love dalam pakaian seronok, diiringi para penari yang memakai topeng banteng.

Prince, yang bergaya rambut kribo dan mengumumkan penghargaan untuk album terbaik, bertanya pada para penonton apakah mereka ingat apa yang dimaksud dengan album. Ia memberitahu penonton bahwa album masih bermakna "sama halnya buku dan nyawa orang kulit hitam masih bermakna," mengacu pada slogan "black lives matter" yang telah digunakan dalam protes-protes di AS melawan kebrutalan polisi terhadap pria kulit putih.

Common dan John Legend menutup acara dengan membawakan lagu mereka Glory dari film Selma.

XS
SM
MD
LG