Tautan-tautan Akses

Salon Pengeringan dan Penataan Rambut Kian Marak di AS


Di salon pengeringan dan penataan rambut, penata rambut tidak menggunting atau mencat rambut, tetapi mencuci, mengeringkan dan menatanya agar terlihat mempesona (foto: Dok).

Di salon pengeringan dan penataan rambut, penata rambut tidak menggunting atau mencat rambut, tetapi mencuci, mengeringkan dan menatanya agar terlihat mempesona (foto: Dok).

Ada satu jenis bisnis yang terus berkembang di seluruh Amerika dalam masa resesi ini, yaitu salon pengeringan dan penataan rambut.

“Dry Bar” bukan salon rambut biasa. Para penata rambut di “Dry Bar” tidak menggunting atau mencat rambut. Yang mereka lakukan adalah membuat semua pelanggan seperti selebriti dengan cara mencuci rambut mereka dengan shampoo berkualitas baik, kemudian mengeringkan dan menatanya. Ongkos untuk terlihat mempesona itu 35 dolar.

Adrienne Zubia, seorang pelanggan, mengatakan, “Ongkosnya murah, saya tidak keberatan menyisihkan 35 dolar setiap minggu untuk tampil cantik. Jadi, saya menghemat uang makan saya, karena terlihat cantik lebih penting daripada makan-makan di restoran.”

Alli Webb, pendiri Dry Bar, mengatakan, “Kami bukan hanya menjual jasa penataan rambut, kami menjual rasa puas dan percaya diri dengan penataan rambut yang hebat. Saya rasa perempuan di mana-mana selalu ingin merasa seperti itu.”

Webb membuka salon penataan rambutnya yang pertama di Los Angeles, mengisi peluang pasar yang ada.

“Salon yang kebanyakan ada mahal, karena orang harus membayar 80, 90, 100 dolar, atau ada juga yang memberi potongan harga, tetapi hasilnya sering kurang memuaskan,” ujarnya.

Bisnis salon seperti “Dry Bar” naik daun hanya dalam dua tahun. Webb sekarang punya 16 salon di seluruh Amerika. Menjelang akhir tahun depan, ia akan membuka sembilan cabang lagi. Namun “Dry Bar” bukan satu-satunya yang berhasil.

Gretty Hasson, pemilik salon “My Blow,” mengatakan, “Salon sejenis ini bermunculan setiap hari di berbagai lokasi, di mana-mana di seluruh Amerika.”

Hasson membuka salonnya dua tahun lalu.

Permintaan jenis layanan salon seperti ini meningkat, sehingga “My Blow” sudah memperoleh keuntungan dalam bulan pertama bisnisnya.

“Kami buka dalam masa resesi. Salon sejenis ini banyak membantu kami, kaum perempuan. Banyak perempuan yang ingin rambutnya ditata seminggu sekali dan harus membayar 70 dolar sekarang bisa melakukannya seminggu dua kali dengan ongkos 70 dolar. Perempuan yang tidak bisa mengeluarkan uang 70 dolar untuk menata rambutnya, sekarang bisa membayar hanya 35 dolar,” paparnya.

Hasson akan segera membuka salon keduanya.


Banyak salon penataan rambut menawarkan perawatan seperti spa, yang termasuk meyediakan minuman anggur, kue kecil, dan bahkan beberapa salon memutar film. Para pemilik salon penataan rambut mengatakan pelanggan mereka beragam, mulai dari perempuan karir sampai ibu rumah tangga.


Gretty Hasson mengatakan salon penataan rambut jenis ini bukan sekedar tren. Ia berharap salon-salon sejenis ini bisa segera bermunculan di berbagai kota.

XS
SM
MD
LG