Tautan-tautan Akses

Salju Longsor di Pegunungan Himalaya, 4 Pendaki Tewas


Gunung Manaslu, salah satu gunungdi deretan pegunungan bersalju Himalaya, Nepal (Foto: dok).

Gunung Manaslu, salah satu gunungdi deretan pegunungan bersalju Himalaya, Nepal (Foto: dok).

Bulan Oktober adalah masa pendakian paling populer di Nepal, dengan ribuan wisatawan asing melakukan pendakian di sekitar pegunungan Himalaya di Nepal.

Salju longsor di sebuah gunung di Nepal utara menewaskan empat pendaki dari Polandia, Israel dan Nepal, demikian kata para pejabat, hari Rabu (15/10). Pejabat militer Nepal, Niranjan Shrestha, mengatakan tim SAR berhasil menemukan jenazah-jenazah itu, di lokasi sekitar 160 kilometer sebelah barat laut ibukota Katmandu.

Salju longsor itu menghantam area pendakian yang ditutupi salju setebal satu meter, dan dibutuhkan waktu berjam-jam bagi tim SAR militer dari kamp-kamp pelatihan dekat situ, untuk mencapai lokasi tersebut.

Tim penyelamat berhasil membawa beberapa pendaki ke kota Jomsom, tetapi jumlah dan kebangsaan mereka tidak segera diumumkan. Para pejabat tidak mengatakan masih berapa orang lagi yang masih belum tertolong, karena komunikasi yang buruk.

Hari Rabu (15/10), cuaca membaik, memungkinkan tim penyelamat dan para pendaki mencapai lokasi yang aman. Bulan Oktober adalah masa pendakian paling populer di Nepal, dengan ribuan wisatawan asing melakukan pendakian di sekitar pegunungan Himalaya di Nepal.

XS
SM
MD
LG