Tautan-tautan Akses

12 Tewas Akibat Salju Longsor di Himalaya


Tentara Nepal mengangkut korban salju longsor di kawasan Himalaya, Rabu (15/10).
Tentara Nepal mengangkut korban salju longsor di kawasan Himalaya, Rabu (15/10).

Curah salju lebat dan longsor di kawasan Himalaya, Nepal, menewaskan paling tidak 12 orang termasuk delapan pendaki asing.

Pihak berwenang Nepal mengatakan mayat dua warga Polandia, satu orang Israel dan satu orang Nepal ditemukan dekat rute pendakian populer yang mengitari Annapurna, puncak gunung tertinggi ke-10 di dunia.

Salju longsor menimbun lima pendaki Kanada dan India di distrik Manang, di mana tiga penggembala sapi juga ditemukan tewas karena hanyut.

Pemerintah mengatakan 14 pendaki berhasil diselamatkan, tetapi khawatir ada lebih banyak korban tewas karena cuaca buruk telah menghambat komunikasi sehingga mempersulit pencarian orang-orang yang mungkin terperangkap akibat salju dan medan yang berat.

Sisa-sisa topan besar Hudhud di India, tetangga Nepal, memicu hujan dan salju di kawasan utara pegunungan Nepal pada puncak musim orang mendaki.

Seorang polisi lokal mengatakan kepada kantor berita Perancis salju di sana telah mencapai ketinggian hingga 91 sentimeter.

Bulan April, 16 pemandu wisata, atau Sherpa, tewas akibat salju longsor dekat Gunung Everest. Insiden itu menimbulkan kecemasan para Sherpa, yang penghidupannya bergantung pada wisata yang digerakkan para pendaki asing.

Recommended

XS
SM
MD
LG