Tautan-tautan Akses

Salju di Eropa Kacaukan Transportasi dan Penerbangan


Salju lebat disertai angin kencang melanda kota Vicogne, di Perancis utara (11/3).

Salju lebat disertai angin kencang melanda kota Vicogne, di Perancis utara (11/3).

Warga Perancis, Jerman, Inggris dan Belgia hari Selasa (12/3) bersusah-payah untuk bisa bepergian di tengah kondisi dingin dan berangin kencang.

Bandara Frankfurt ditutup, kereta berhenti beroperasi di bawah Selat Inggris, dan tentara Perancis diperintahkan membantu membersihkan jalan-jalan. Semua itu karena salju yang mendadak turun akhir musim dingin ini di Eropa Barat.

Tidak siap untuk salju selebat itu, warga Perancis, Jerman, Inggris dan Belgia hari Selasa bersusah-payah untuk bisa bepergian di tengah kondisi dingin dan berangin kencang.

Alih-alih menikmati awal musim semi, wisatawan menggigil dalam mobil-mobil yang tidak bisa bergerak, berdesakan di stasiun kereta yang dingin, atau sengsara di ruang tunggu bandara. Ribuan anak sekolah tinggal di rumah. Puluhan ribu rumah tanpa listrik.

Bandar Udara Frankfurt, ketiga tersibuk di Eropa, ditutup pada tengah hari setelah ketebalan salju tercatat sekitar 12 cm. Sore hari, sudah lebih dari 355 penerbangan dibatalkan.

Di Bandara Orly, Paris, pesawat Tunisair tergelincir di landas pacu karena kondisi yang ber-es, menurut pihak berwenang bandara. Tidak seorang pun cedera, tetapi insiden itu semakin menambah keterlambatan di bandara yang sudah mengalami pembatalan dan masalah sepanjang hari.

Air France - maskapai penerbangan terbesar di Perancis - melalui Twitter memperingatkan siapa pun yang berencana ke Eropa atau Perancis melalui Paris hari Selasa sebaiknya menunda lawatan mereka.

Di Inggris tenggara, salju dan es menelantarkan ratusan pengendara karena suhu udara anjlok serendah minus 3 Celcius, dan banyak pengendara meninggalkan begitu saja mobil mereka. Lalu Lintas macet sejauh 50 kilometer di beberapa daerah, dan dilaporkan orang-orang terdampar 10 jam atau lebih.

Di Belgia, lalu lintas macet sejauh 1.600 kilometer pada jam sibuk pagi hari karena salju membuat jalan licin dan jarak pandang berkurang. Angin kencang menjadikan kondisi lebih berat. Ribuan penumpang dibiarkan telantar dalam stasiun kereta yang tertutup salju setelah banyak kereta di sekitar kawasan itu dibatalkan.
XS
SM
MD
LG