Tautan-tautan Akses

AS

Salahgunakan Uang, Pangkat Jenderal AS Diturunkan


Jenderal AS, William "Kip" Ward akan diturunkan pangkatnya menjadi Letnan Jenderal dan membayar denda 82 ribu dolar (foto: dok).

Jenderal AS, William "Kip" Ward akan diturunkan pangkatnya menjadi Letnan Jenderal dan membayar denda 82 ribu dolar (foto: dok).

Seorang jenderal bintang empat yang pernah memimpin tentara Amerika dalam Komando Afrika diturunkan pangkatnya karena menyalahgunakan uang rakyat.

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta mengatakan pekan ini pangkat Jenderal William "Kip" Ward, mantan kepala AFRICOM, akan diturunkan menjadi Letnan Jenderal dan dipaksa membayar 82 ribu dolar kepada militer.

Penyidik menyimpulkan Ward menyalahgunakan dana, pesawat militer dan staf, mengajak istri ikut perjalanan dan membelanjakan ratusan ribu dolar untuk ongkos perjalanan dan hotel.

Ia juga didapati menerima hadiah-hadiah dari kontraktor Departemen Pertahanan.

Ward menyangkal tuduhan itu. Sejak menjabat kepala Komando Afrika dari tahun 2007 hingga 2011 ia bertugas sebagai asisten khusus wakil kepala Staf Angkatan Darat.

Penurunan pangkat menjadi jenderal bintang tiga berarti Ward akan pensiun dengan gaji lebih rendah.

Langkah itu tidak ada hubungan nyata dengan skandal seks yang baru-baru ini menyebabkan purnawirawan jenderal David Petraeus mundur sebagai direktur CIA.
XS
SM
MD
LG