Tautan-tautan Akses

Saingan-Saingan Ahmadinejad Pimpin Perolehan Suara Pemilu Parlemen Iran


Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei memberikan suaranya dalam Pemilu Parlemen Iran (Foto: dok).

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei memberikan suaranya dalam Pemilu Parlemen Iran (Foto: dok).

Hasil sebagian pemilu parlemen Iran menunjukkan, para pendukung setia pemimpin Agung Ayatollah Khamenei berada dalam posisi memimpin.

Sebagian hasil pemilihan anggota parlemen Iran menunjukkan rival konservatif Presiden Mahmoud Ahmadinejad akan mengambil alih kontrol parlemen dengan 290 kursi itu, setelah menang di beberapa daerah pemilihan.

Hasil awal dari kota-kota provinsi menunjukkan pendukung loyalis Pemimpin Tertinggi Ayatollah Khamenei unggul, dan juga menunjukkan pendukung presiden mengalami kemunduran. Hasil akhir baru akan diumumkan minggu depan.

Menteri Dalam Negeri Mostafa Mohammad Najjar mengatakan jumlah pemilih yang memberikan suara sebesar 64 persen.

Oposisi utama Iran dan kelompok-kelompok reformis memboikot pemilu hari Jumat, yang pertama sejak pemilihan presiden 2009 yang disengketakan. Semua kandidat lolos pemeriksaan oleh Dewan Garda, sebuah kelompok kuat terdiri dari para ahli Islam dan ahli hukum yang membuat keputusan dalam isu-isu konstitusi.

Pemilu ini akan berdampak kecil terhadap kebijakan luar negeri dan nuklir Iran, tetapi akan memperkuat posisi Khamenei menjelang pemilihan presiden tahun depan.

XS
SM
MD
LG