Tautan-tautan Akses

AS

Saham, Harga Minyak, Dolar AS Jatuh Karena Investor Khawatir Trump Menang


Seorang pria mengamati papan yang menampilkan harga-harga saham di Bursa Saham Australia (ASX) di Sydney, Australia (9/11).

Seorang pria mengamati papan yang menampilkan harga-harga saham di Bursa Saham Australia (ASX) di Sydney, Australia (9/11).

Janji-janji kandidat presiden dari Partai Republik itu untuk secara drastis mengubah perdagangan, pajak dan kebijakan-kebijakan lainnya meningkatkan ketidakpastian yang mengguncang investor.

Para investor yang khawatir Donald Trump mungkin menjadi presiden AS telah menyebabkan penjualan tajam saham-saham di pasar-pasar Asia dan mendorong turun harga-harga perdagangan untuk pasar-pasar AS Rabu pagi (9/11).

Nilai dolar AS dan harga-harga minyak juga jatuh, sementara para pialang memindahkan uangnya ke investasi-investasi yang aman seperti emas.

Pada satu titik, Nikkei Jepang jatuh 5,8 persen, sementara Hang Seng di Hong Kong turun 3,8 persen. Perdagangan indeks saham di AS juga turun 4 persen lebih.

Pasar-pasar bereaksi terhadap proyeksi-proyeksi oleh jaringan-jaringan televisi AS bahwa Trump akan memenangkan lebih banyak negara bagian dari yang diperkirakan. Janji-janji kandidat presiden dari Partai Republik itu untuk secara drastis mengubah perdagangan, pajak dan kebijakan-kebijakan lainnya meningkatkan ketidakpastian yang mengguncang investor.

Para analis mengatakan ketidakpastian akan memperlambat ekonomi karena sektor bisnis yang khawatir akan menuda investasi untuk menghindari risiko tambahan. [hd]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG