Tautan-tautan Akses

Saham Asia Kembali Naik


Dua orang pria tengah mengamati papan perdagangan di sebuah galeri bursa saham swasta di Kuala Lumpur, Malaysia (25/8).

Dua orang pria tengah mengamati papan perdagangan di sebuah galeri bursa saham swasta di Kuala Lumpur, Malaysia (25/8).

Pasar Asia terus naik, Jumat (28/8), dan Eropa juga siap untuk naik.

Indeks Nikkei Jepang saat penutupan lantai bursa naik tiga persen, sementara Shanghai naik 4,8 persen setelah sehari sebelumnya ditutup kenaikan lebih dari lima persen.

Pasar di wilayah Pacifik juga lebih tinggi, kecuali untuk Hang Seng Hong Kong, yang jatuh satu persen.

Pasar utama Eropa dibuka sedikit lebih tinggi Jumat setelah naik lebih dari tiga persen pada hari perdagangan sebelumnya.

Reli global dimulai pada hari Kamis setelah terjadi gejolak pasar selama beberapa hari yang didorong oleh kekhawatiran pasar terhadap pertumbuhan ekonomi China yang melambat.

Dalam sesi perdagangan volatil di New York, S & P 500, Dow Jones dan NASDAQ semua memperoleh lebih dari dua persen. Indeks utama Eropa menguat lebih dari tiga persen, dan secara luas diharapkan untuk mencerminkan keuntungan lebih Jumat.

Data pertumbuhan ekonomi AS yang lebih kuat dari perkiraan merupakan salah satu faktor yang mendorong pedagang untuk melakukan penawaran lebih tinggi terhadap harga saham. Laporan yang optimis juga membantu harga minyak mentah melonjak lebih dari 10 persen untuk transaksi terbesar yang mereka peroleh dalam satu hari perdagangan dalam lebih dari enam tahun. Harga minyak pulih dari kerugian besar baru-baru ini, saat para investor mengharapkan pertumbuhan ekonomi untuk menghasilkan lebih banyak permintaan energi.

Analis memperingatkan kemungkinan munculnya volatilitas yang lebih besar, meskipun yang saat ini muncul di pasar umumnya terlihat kembali tenang.

Para pejabat China telah mencoba untuk membendung kerugian pasar saham baru-baru dengan memotong suku bunga dalam upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Mata uang yang lebih murah memberikan produk buatan China keuntungan harga di pasar global, yang dapat mendorong ekspor dan pertumbuhan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG