Tautan-tautan Akses

Indeks Saham Dunia Anjlok Setelah Imbauan Referendum di Yunani


Berbagai bursa saham kembali bergejolak dengan adanya usulan referendum di Yunani.

Berbagai bursa saham kembali bergejolak dengan adanya usulan referendum di Yunani.

Indeks saham di Asia turun tajam dan saham Eropa anjlok, dengan saham bank-bank yang memegang utang Yunani paling terpukul.

Saham-saham di berbagai bursa dunia merosot, Selasa (1/11) setelah Yunani mengimbau referendum atas kesepakatan peringanan utang yang dicapai Eropa, sementara para pemimpin benua tersebut sibuk memikirkan cara menanggapi perkembangan yang tak disangka-sangka ini.

Indeks saham di Asia turun tajam dan saham Eropa anjlok. Pasar di Paris dan Frankfurt melorot lima persen. Saham bank-bank yang memegang utang Yunani paling terpukul.

Namun, dua pemimpin Uni Eropa Herman Van Rompuy dan Jose Manuel Barroso mengatakan mereka percaya sepenuhnya Yunani akan memegang teguh kesepakatan yang memaafkan utang Yunani sebesar 140 milyar dolar. Sebagai imbalannya, pemerintah Yunani harus memberlakukan serangkaian langkah penghematan yang membuat marah banyak orang Yunani, dan juga meningkatkan dana talangan Eropa bagi keadaan darurat masa depan.

Berbagai pemimpin Eropa dan pengamat keuangan lainnya mengatakan mereka kaget ketika Perdana Menteri George Papandreou Senin malam mengimbau referendum, yang mungkin dilangsungkan awal tahun depan. Beberapa mengatakan voting Yunani yang menentang kesepakatan memaafkan utang itu sama artinya Yunani memutuskan keluar dari blok 17 negara yang menggunakan mata uang euro dan bisa mengakibatkan kemelut baru dalam pasar keuangan dunia.

XS
SM
MD
LG