Tautan-tautan Akses

Sadiq Khan, Terpilih Jadi Walikota Muslim Pertama London


Sadiq Khan, memberikan sambutan di City Hall, London setelah memenangkan pemilihan Walikota London (7/5).

Sadiq Khan, memberikan sambutan di City Hall, London setelah memenangkan pemilihan Walikota London (7/5).

Terpilihnya Sadiq Khan sebagai walikota Muslim yang pertama di London merupakan satu tanda perubahan zaman bagi Inggris dan penduduk Muslimnya yang hampir 3 juta orang itu.

“Ia adalah seorang Muslim. Kita Muslim. Ini adalah kesempatan besar bagi warga Muslim,” kata Mohammed (69 tahun), pengusaha di daerah Whitechapel London Timur yang banyak penduduknya Muslim.

Mohammed berimigrasi ke Inggris dari Pakistan lebih dari 50 tahun lalu pada waktu sangat sedikitnya kemudahan bagi kaum Muslim.

“Ketika kami datang, tidak ada pangan yang halal sama sekali. Tetapi sekarang ini, kita dapat memperoleh setiap produk yang halal di Inggris,” jelasnya. Di seluruh London, ada toko-toko daging halal dan banyak produk di rak-rak pada umumnya swalayan Inggris dari kentang goreng sampai biskuit yang diberi cap halal.

Kemenangan Sadiq Khan merupakan peralihan dari masa lampau dari banyak segi. Dalam 60 tahun ini, London telah bertumbuh dari kota yang homogen menjadi kosmopolitan yang maju pesat dan gairah dan ibukota dimana terdapatberbagai budaya yang menarik banyak orang dari seluruh dunia.

Tony Travers, analis politik di London School of Economics mengatakan kepada VOA, bangkitnya Khan menjadi pemimpin di bekas pusat empirium ini “jelas akan dipandang sebagai indikasi bahwa London dan Inggris umumnya merasa nyaman dengan banyak imigran dan penduduk minoritas. London, khususnya, kemungkinan akan dipandang sebagai kosmopolitan dan kota yang terbuka. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG