Tautan-tautan Akses

SADC Didesak Tingkatkan Supremasi Hukum dan HAM


Para delegasi menghadiri KTT Komunitas Pembangunan di Kawasan Afrika Selatan atau SADC (foto: dok).

Para delegasi menghadiri KTT Komunitas Pembangunan di Kawasan Afrika Selatan atau SADC (foto: dok).

Berbagai kelompok HAM menyerukan para pemimpin Komunitas Pembangunan di Kawasan Afrika Selatan (SADC) meningkatkan supremasi hukum dan hak asasi manusia di wilayahnya.

Berbagai kelompok HAM menyerukan agar para pemimpin dari 15 negara yang tergabung dalam Komunitas Pembangunan di Kawasan Afrika Selatan atau SADC mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan supremasi hukum dan hak asasi manusia selagi mereka bertemu dalam KTT tahunan hari Senin (17/8) dan Selasa ini di Botswana.

Human Rights Watch (HRW) dan koalisi kelompok-kelompok HAM Afrika mengeluarkan pernyataan menjelang KTT itu dengan fokus khusus pada pengadilan SADC yang kini dihentikan.

HRW mengecam keputusan tahun lalu untuk mereformasi pengadilan itu sehingga tidak punya wewenang menerima pengaduan dari individu atau organisasi di kawasan itu.

“Koalisi untuk Pengadilan SADC yang Efektif “ beranggotakan 19 organisasi itu mengatakan perubahan-perubahan dalam badan itu “secara efektif mengabaikan independensi peradilan,” dan memulihkan akses perorangan akan memberi rakyat di di wilayah itu jalur hukum bagi keadilan ketika mereka telah kehabisan upaya hukum di negara mereka .

HRW juga menyoroti apa yang katanya adalah masalah HAM di Angola, Swaziland, Afrika Selatan dan Zimbabwe, dan mengatakan negara-negara SADC menyatakan perdamaian, keamanan dan hak asasi manusia sebagai prioritas tapisejauh ini “tidak banyak bertindak.”

XS
SM
MD
LG