Tautan-tautan Akses

Putar Film Genosida, Rwanda Hentikan Siaran BBC


Warga Rwanda memrotes film dokumenter BBC tentang genosida di negaranya (22/10).

Warga Rwanda memrotes film dokumenter BBC tentang genosida di negaranya (22/10).

Ini dilakukan sebagai reaksi atas film dokumenter BBC tentang genosida tahun 1994 yang dinilai sebagian warga Rwanda sebagai hal yang ofensif.

Rwanda telah menghentikan program siaran berbahasa negara itu di BBC sebagai reaksi atas film dokumenter tentang genosida tahun 1994 yang dinilai sebagian warga Rwanda ofensif.

Instansi pemerintah yang bertanggungjawab atas teknologi media mengatakan hari Jumat (24/10) pihaknya menghentikan program BBC dalam bahasa Kinyarwanda dari udara dan berlaku segera.

Badan itu mengatakan menerima keluhan mengenai hasutan, bantahan genosida dan revisionisme genosida setelah siaran dokumenter, berjudul "Rwanda - The Untold Story" pada 1 Oktober.

BBC membela film itu dengan mengatakan pihaknya mengkaji bukti-bukti yang menantang narasi yang diterima mengenai apa yang terjadi sebelum dan sesudah genosida itu, khususnya peran Presiden Paul Kagame dan Fron Patriotik Rwanda yang ia pimpin.

Ia juga mengatakan film itu berisi referensi berulang dari pembunuhan massal suku Tutsi oleh Hutu pada tahun 1994 dan mencakup wawancara dengan korban dari suku Tutsi dan orang Hutu yang berbicara tentang perannya dalam genosida tersebut.

Fron Patriotik Rwanda menghentikan genosida itu dengan menggulingkan pemerintahan negara itu yang dipimpin suku Hutu, tetapi kala itu, suku Hutu yang ekstrimis telah membunuh sekitar 800.000 orang suku Tutsi dan Hutu yang moderat.

XS
SM
MD
LG