Tautan-tautan Akses

Rusia Usulkan Mekanisme Anti-Konfrontasi ke AS


Jet tempur Rusia terbang dekat kapal Angkatan Laut Amerika, USS Donald Cook, di Laut Baltik (12/4).

Jet tempur Rusia terbang dekat kapal Angkatan Laut Amerika, USS Donald Cook, di Laut Baltik (12/4).

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam konsultasi dengan Amerika "pihak Rusia mengajukan usul agar dikembangkan satu mekanisme untuk mencegah terjadinya insiden."

Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataan hari Rabu (8/6) mengatakan pihaknya telah mengajukan usul kepada Amerika Serikat tentang pengembangan suatu mekanisme untuk mencegah konfrontasi antara kedua negara baik di laut terbuka, di udara maupun di luar itu.

Pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita Interfax dikeluarkan menyusul beberapa insiden dalam beberapa bulan terakhir.

April lalu, pesawat jet tempur Rusia terbang kurang lebih 15 meter dari ujung sayap sebuah pesawat AS, dan dua jet tempur Rusia terbang dekat kapal Angkatan Laut Amerika, USS Donald Cook, di Laut Baltik.

Selain itu, menurut Departemen Pertahanan AS, satu pesawat tempur Rusia melakukan yang disebut ‘barrel roll’ di atas sebuah pesawat intai Amerika di Laut Baltik.

Menurut Interfax, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam konsultasi dengan Amerika hari Rabu, "pihak Rusia mengajukan usul agar dikembangkan satu mekanisme untuk mencegah terjadinya insiden." [sp]

XS
SM
MD
LG