Tautan-tautan Akses

Poroshenko: KTT di Belarus Tentukan Nasib Ukraina, Eropa


Presiden Ukraina Petro Poroshenko (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Minsk, Belarus (26/8).

Presiden Ukraina Petro Poroshenko (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Minsk, Belarus (26/8).

Presiden Ukraina Petro Poroshenko hari Selasa (26/8) mengatakan, nasib negaranya dan Eropa sedang diputuskan di Minsk, Belarus hari ini.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin untuk membahas upaya mengakhiri pertempuran di Ukraina Timur yang berlangsung sejak April dan menewaskan lebih dari 2.000 orang.

Putin mengatakan, Rusia harus mendapatkan peluang untuk bertemu dengan sejumlah perwakilan penduduk berbahasa Rusia di Ukraina timur agar dapat membantu menyelesaikan konflik itu.

Beberapa jam sebelum pertemuan, Ukraina merilis video yang menunjukkan sejumlah tentara Rusia tertangkap di wilayah Ukraina.

Ukraina mengulang kembali tuduhannya bahwa Rusia secara langsung terlibat pemberontakan di Ukraina timur.

Seorang sumber di Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, para tentara itu secara tidak disengaja melintasi daerah tak bertanda di perbatasan sewaktu berpatroli.

Pembicaraan Poroshenko-Putin di Minsk adalah yang pertama antara kedua pemimpin sejak bertemu Juni lalu untuk membahas krisis di Ukraina.

Presiden Belarus Alexander Lukashenko mengatakan, pembicaraan itu kemungkinan tidak akan menghasilkan terobosan besar namun dapat membantu memulai proses perdamaian.

XS
SM
MD
LG