Tautan-tautan Akses

Rusia, Ukraina Bahas Pembukaan Kembali Pasokan Gas


Komisioner Energi Uni Eropa Guenther Oettinger memberikan keterangan pers di Brussels, Belgia mengenai pembicaraan pasokan gas alam Rusia, Rabu (29/10).

Komisioner Energi Uni Eropa Guenther Oettinger memberikan keterangan pers di Brussels, Belgia mengenai pembicaraan pasokan gas alam Rusia, Rabu (29/10).

Rusia, Uni Eropa dan Ukraina melanjutkan pembicaraan dengan tujuan membuka kembali pasokan gas alam Rusia sementara musim dingin semakin dekat.

Menteri Energi Ukraina, Yuri Prodan, bertemu dengan Menteri Energi Rusia Alexander Novak di Brussels, Belgia untuk perundingan yang dimediasi oleh Komisioner Energi Uni Eropa Guenther Oettinger.

Oettinger mengatakan ada peluang 50 persen untuk mencapai kesepakatan sementara.

Rusia menuntut bayaran dimuka untuk memulai kembali pengiriman gas musim dingin. Kiev mengaku sedang berusaha mengumpulkan uang lebih banyak dari berbagai sumber, termasuk Uni Eropa.

Komisi Eropa sedang mempertimbangkan permintaan Ukraina baru-baru ini untuk pinjaman baru sekitar $ 2,5 miliar.

Negara-negara Uni Eropa juga terancam oleh kekurangan pasokan gas, karena Ukraina mungkin terpaksa menggunakan sendiri sebagian gas yang sebenarnya ditujukan untuk negara barat. Suhu di ibukota Kyiv sudah turun di bawah nol Celcius.

Perusahaan gas alam yang dikontrol pemerintah Rusia, Gazprom, memotong pasokan gas kepada mitranya di Ukraina, NAK Naftogaz Ukrainy, pada bulan Juni karena tagihan yang belum dibayar, yang dikatakan Moskow sekitar $ 4,5 miliar. Pemutusan pasokan gas seperti ini adalah ketiga dalam waktu kurang dari sepuluh tahun.

XS
SM
MD
LG