Tautan-tautan Akses

Rusia Tunda Misi Antariksa Berawak ke Stasiun Internasional


Kapsul Soyuz yang akan digunakan untuk mengangkut astronot, tidak lulus tes wajib menjelang peluncuran yang semula dijadwalkan 30 Maret (foto: dok).

Kapsul Soyuz yang akan digunakan untuk mengangkut astronot, tidak lulus tes wajib menjelang peluncuran yang semula dijadwalkan 30 Maret (foto: dok).

Rusia berencana menunda beberapa minggu misi berikutnya yang membawa astronot ke Stasiun Antariksa Internasional karena ada masalah pada pesawat antariksa Soyuz itu.

Kantor berita Rusia 'Interfax' di Moskow, hari Jumat mengutip seorang sumber industri antariksa, mengatakan kapsul Soyuz tidak lulus tes wajib menjelang peluncuran yang dijadwalkan 30 Maret. Sumber itu mengatakan misi akan ditunda sampai pertengahan April atau pertengahan Mei mendatang.

Secara terpisah, badan antariksa Rusia Roskosmos mengatakan peluncuran satelit telekomunikasi Belanda hari Sabtu juga akan ditunda tanpa batas waktu untuk kedua kali karena masalah pada roket peluncur Proton-M. Peluncuran semula direncanakan 26 Desember tapi dijadwal ulang menjadi 28 Januari.

Hari Kamis, Rusia meluncurkan pesawat kargo antariksa dari pusat antariksa Baikonur di Kazakhstan, yang membawa air, bahan bakar, makanan dan peralatan ilmiah bagi ke-enam awak Stasiun Antariksa Internasional.

Tapi pengumuman hari Jumat menyusul serangkaian kemunduran program antariksa Rusia baru-baru ini, lima dekade setelah kosmonot Yuri Gagarin merintis penerbangan antariksa.

XS
SM
MD
LG