Tautan-tautan Akses

Rusia: Tuduhan Penggunaan Senjata Kimia di Suriah Butuh Penyidikan Obyektif


Sekjen PBB Ban Ki-moon pada 21-3-2013 mengumumkan bahwa PBB akan melakukan investigasi kemungkinan digunakannya senjata kimia di Suriah.

Sekjen PBB Ban Ki-moon pada 21-3-2013 mengumumkan bahwa PBB akan melakukan investigasi kemungkinan digunakannya senjata kimia di Suriah.

Rusia telah meminta sekutunya, Suriah, agar bekerjasama dengan para pakar PBB dan mengizinkan mereka menyelidiki tuduhan bahwa senjata kimia digunakan dekat Damaskus pekan ini oleh pasukan yang setia kepada Presiden Bashar al-Assad.

Pernyataan kementerian luar negeri mengatakan, Jumat, bahwa Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry sepakat dalam pembicaraan telepon bahwa tuduhan oposisi Suriah itu perlu diselidiki secara obyektif. Rusia juga mengatakan, para pemberontak yang menentang pemerintah Suriah harus menjamin keamanan misi PBB itu.

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan setiap penggunaan senjata kimia di Suriah merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan yang akan mengakibatkan konsekuensi serius. Ban mengatakan PBB telah secara resmi meminta pemerintah Suriah mengizinkan personil PBB segera menyelidiki lokasi kejadian serangan senjata kimia yang dituduhkan terjadi Rabu lalu. Suriah telah membantah menggunakan senjata kimia.

Presiden AS Barack Obama mengatakan kepada CNN bahwa para pejabat sedang mengumpulkan informasi tentang laporan itu. Menurut Obama kemungkinan serangan kimia di Suriah merupakan peristiwa tragis yang memprihatinkan.

Obama menambahkan,"inti kepentingan nasional" Amerika Serikat sekarang terlibat dengan perang saudara Suriah, misalnya memastikan senjata pemusnah massal tidak terlibat, dan kebutuhan untuk melindungi sekutu dan pangkalan AS di wilayah tersebut.
XS
SM
MD
LG