Tautan-tautan Akses

Rusia Tuduh NATO Kembali ke Pemikiran Perang Dingin


Duta Besar Rusia untuk NATO Alexander Grushko mengecam munculnya naluri dasar Perang Dingin NATO (foto: dok).

Duta Besar Rusia untuk NATO Alexander Grushko mengecam munculnya naluri dasar Perang Dingin NATO (foto: dok).

Duta Besar Rusia untuk NATO Alexander Grushko hari Rabu (2/4) menuduh naluri dasar Perang Dingin NATO telah muncul kembali.

Rusia menuduh NATO tergelincir kembali ke cara berfikir Perang Dingin dengan menangguhkan kerjasama dengan Rusia karena pencaplokan wilayah Krimea oleh Rusia.

Duta Besar Rusia untuk NATO Alexander Grushko menulis di halaman Twitter-nya hari Rabu (2/4) bahwa naluri dasar Perang Dingin NATO telah muncul kembali.

Para menteri luar negeri negara-negara anggota NATO melanjutkan pembicaraan mereka di Brussels hari Rabu mengenai krisis di Ukraina.

Sebelumnya hari Selasa (1/4) para menteri NATO itu memutuskan untuk secara resmi mengakhiri semua bentuk kerjasama sipil dan militer dengan Rusia.

Dalam pernyataan bersama setelah pertemuan mengenai Ukraina di Brussels, Belgia hari Selasa (1/4), para Menlu negara-negara anggota NATO tersebut mengatakan dialog politik NATO dengan Rusia bisa dilanjutkan bilamana diperlukan.

Mereka menyatakan tidak mengakui upaya Rusia menganeksasi semenanjung Krimea milik Ukraina yang mereka sebut “ilegal dan tidak sah”. Mereka mendesak Rusia agar mengambil langkah-langkah “secepatnya” dan kembali mematuhi hukum internasional

Saluran-saluran diplomatik antara NATO dan Moskow tetap terbuka.
XS
SM
MD
LG