Tautan-tautan Akses

Rusia Tuduh AS Berupaya Memeras dalam Isu Suriah


Menteri LN Rusia Sergei Lavrov menuduh para pejabat Amerika berusaha memeras Rusia (foto: dok).

Menteri LN Rusia Sergei Lavrov menuduh para pejabat Amerika berusaha memeras Rusia (foto: dok).

Rusia menuduh AS berusaha memblackmail atau memerasnya supaya Dewan Keamanan PBB bisa mengancam Suriah dengan tindakan kekerasan.

Rusia menuduh Amerika berusaha memblackmail atau memerasnya supaya Dewan Keamanan PBB bisa mengancam Suriah dengan tindakan kekerasan kalau negara itu tidak menyerahkan seluruh senjata kimianya.

Amerika dan sekutu-sekutunya telah menekan Dewan Keamanan supaya menerima rancangan resolusi tentang Suriah sesuai Pasal 7 Piagam PBB, yang memungkinkan tindakan militer untuk melaksanakan resolusi itu.

Kata menteri LN Rusia Sergei Lavrov hari Minggu, para pejabat Amerika mengatakan kalau Rusia menolak rancangan resolusi berdasarkan pasal 7 itu, Amerika akan menghalangi usaha untuk memusnahkan simpanan senjata kimia Suriah.

Kata Lavrov kepada stasiun televisi Rusia, Amerika sedang berusaha memblackmail Rusia dan menunjukkan siapa yang lebih kuat, dan bukannya berusaha mengenyahkan senjata kimia Suriah.

Departemen LN Amerika mengatakan, Amerika sedang menyusun rancangan resolusi DK yang memuat mekanisme pemaksaan dalam arti yang keras-kerasnya. Kata pejabat itu lagi, pemerintah Amerika tidak akan berdebat tentang rincian hal ini dalam forum terbuka. Juga tidak ada tanggapan Amerika atas tuduhan Lavrov bahwa Amerika berusaha untuk memblackmail pemerintah Rusia.
XS
SM
MD
LG